Kamis, 30 Januari 2014

5 Tips Aman Bertransaksi Di ATM

Tags

Saat ini banyak sekali terjadi pencurian uang di Bank melalui AT
M oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab, mereka begitu lihay dan Ahli sehingga tahu2 dana nasabah sudah hilang dari tabungannya.
Nah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kartu ATM, kita harus berhati2. Ada beberapa cara atau kiat agar aman dalam bertransaksi melalui ATM :

1. Mengganti PIN secara berkala.
Setiap selesai bertransaksi, terutama di ATM terbuka sebaiknya Anda langsung mengganti PIN, apalagi bila merasa ada orang yang mencurigakan di sekitar Anda.Ini mencegah no PIN anda di ketahui orang lain.

2. Perhatikan lingkungan sekitar .
Setiap Anda hendak bertransaksi, sebaiknya anda memperhatikan lingkungan sekitar, lihat kondisi ATM, adakah kameranya ( biasanya besar), keamanannya dll.

3. Hancurkan Struk Transaksi
Biasakan setelah selesai bertransaksi, Anda hancurkan struk tersebut, karena ada beberapa ATM yang menuliskan nomor kartu di struk anda.

4. Periksa Reader atau lubang tempat masuknya kartu ATM
Pastikan Reader atau lubang tersebut aman dan tidak mencurigakan, mungkin bekas gores tercongkel dll, sebaiknya anda tidak bertransaksi di ATM tersebut.

5. Perhatikan alat EDC saat bertransaksi di Merchant (toko rekanan Bank)
Ketika Anda bertransaksi di toko rekanan Bank (merchant) perhatikan alat EDC nya, bila terlihat ada alat mencurigakan yang menempel di mesin pembaca, sebaiknya batalkan transaksi anda.

Semoga dengan tips ini, Anda bisa bertransaksi dengan aman di ATM, walaupun sebenarnya tips ini juga tidak menjamin 100 persen, maka waspadalah di dalam melakukan setiap transaksi.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon