Rabu, 25 Februari 2015

Menghindari Kejahatan Facebook

Tags

Seperti yang kita ketahui, facebook adalah aplikasi jejaring sosial yang 2 tahun ke belakang ini, mulai marak di akses oleh semua lapisan masyarakat, terutama kalangan remaja.

Dan kami juga yakin, sebagian dari anda tahu, bahwa akhir-akhir ini kasus kejahatan yang terjadi melalui facebook mulai merebak. Ambil contoh, kasus pelecehan seksual, perdagangan wanita, penculikan, bahkan sampai pembunuhan.

Dalam acara barometer yang disiarkan salah satu tv swasta di Indonesia, menyatakan bahwa kasus penculikan adalah yang paling marak di antara kasus-kasus yang lain. Pertanyaannya, apa yang salah? Facebook kah?

Tidak ada yang salah dengan facebook, sehingga tidak ada pula orang yang berhak mengharamkan facebook. Bagaimanapun juga, selalu ada positif di balik sisi negatif penggunaan facebook. Yang salah adalah kita sebagai pengguna facebook. Lho koq bisa? Sebagai batasan kami hanya akan membahas sekitar remaja, karena kejahatan melalui facebook sangat rentan mengancam remaja.

Saat ini pengguna facebook di kalangan remaja, diperkirakan mencapai setengah dari jumlah keseluruhan. Sementara hampir semua pengguna, tergolong usia yang belum dapat bertanggung jawab terhadap efek penggunaan facebook.


Remaja pada umumnya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, itulah alasan mengapa banyak sekali pengguna facebook dari kalangan remaja. Rasa ingin tahu inilah yang membuat sebagian remaja ingin mencoba masuk dunia facebook, agar tidak disebut kuper . Padahal tanpa disadari, facebook menghadirkan berbagai ancaman yang siap menyerang siapa saja. Facebook membuat kita melupakan waktu, tugas, dan tanggung jawab. Selain itu facebook juga membuat kita tidak produktif, karena kerjaannya hanya “ngobrol”, meberi komentar, dan mengganggu aktivitas. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk setidaknya mencegah kejahatan facebook agar tidak menimpa kita?

Mungkin beberapa tips dari kami bisa memberikan sedikit pencerahan agar terhindar dari kejahatan melalui facebook. Berikut tips nya:

• Hindari pencarian jodoh di facebook.
Dari sekian banyak hal yang menarik perhatian, masalah cinta adalah yang paling mengundang rasa ingin tahu. Jangan tertipu dengan profil seseorang di facebook, karena bagaimanapun facebook bisa “meng-kamuflase-kan” seseorang dari biasa menjadi luar biasa, dari tidak kaya menjadi kaya, yang jahat tampak terlihat baik.

• Batasi link mana saja yang bisa berhubungan dengan anda.
Anda tak pernah tahu dengan siapa anda berhubungan, maka lebih baik jadikanlah teman di kehidupan nyata anda saja sebagai teman di facebook. Dalam artian, add atau approve friend yang ada di kehidupan nyata kalian. Jika anda tidak tahu, lebih baik di ignore saja.

• Bersikap kritis dalam segala hal.
Remaja cenderung mudah jatuh cinta, percaya terhadap orang lain, dan sering mengalami fantasi yang mustahil untuk dilupakan. Disinilah titik lemah remaja yang dapat dimanfaatkan penjahat melalui facebook. Dengan kita bersikap kritis terhadap segala hal ,mempunyai dasar benar atau salah, boleh atau tidak boleh,maka kita tidak akan mudah terjerembab pada hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab kita tidak hanya melihat atau terlibat, tetapi kita akan bertanya terlebih dahulu, apakah ini baik atau tidak.

• Akhiri pertemanan dengan teman yang tidak anda kenal.
Jika teman anda sudah mulai menunjukan sikap yang mengarah pada hal-hal negatif, baik itu melalui komentar-komentar atau tulisan di dinding anda, terlebih jika dia menulis di inbox anda, seharusnya anda sudah bisa menentukan bahwa ini tidak baik. Maka lebih baik akhiri saja.

• Hindari “ketemuan” sendirian dengan teman yang tidak anda kenal .
Jika ada yang mengajak anda “ketemuan”, akan lebih aman jika anda tidak menghadirinya. Atau suruhlah dia untuk menemui anda di rumah anda. Dan jika masih tidak bisa, ajaklah salah satu anggota keluarga atau teman anda untuk mendampingi anda. usahakan pendamping anda adalah orang yang anda percaya bisa menjaga anda.

• Bekali diri anda dengan iman.
Iman sangat penting untuk membentengi kita dari gaya pergaulan baik di dunia nyata maupun di dunia maya agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif. Dengan iman, pembicaraan ke arah negatif juga bisa dicegah.

Pembaca, mungkin beberapa tips di atas dapat membantu anda menghindari kejahatan melalui facebook. Apapun bentuk kejahatan yang dihadirkan melalui facebook, yakinlah bahwa anda tidak pernah berada dalam posisi yang aman. Apakah dengan menjalankan tips di atas anda akan terhindar dari kejahatan facebook?

Percayalah dengan apa yang hati anda katakan. Kami yakin pertanyaan itu terjawab dengan sendirinya oleh hati anda.

Selamat menjalankan tips di atas.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon