Jumat, 17 Januari 2014

Tips Agar Aman dari Kejahatan di Terminal Bus

Tags

Terminal bus merupakan salah satu tempat umum yang rawan kejahatan. Bagi copet, tukang palak, calo, dan penipu, terminal bus merupakan tempat yang sangat mudah untuk mencari mangsa. Mereka mengamati setiap orang dan selalu siap menerkam korban yang potensial.

Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati jika berada di terminal. Sebagaimana yang dilansir dari situs Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, berikut ini sejumlah tips yang mungkin akan sangat membantu ketika Anda berada di suatu terminal :

1. Tampil sederhana.

2. Miliki peta kota atau kawasan di mana terminal itu berada.

3. Kalau tidak punya peta, sekali lagi jangan bingung dan panik.

4. Kalau belum berhasil menentukan orientasi, bertanyalah kepada petugas resmi seperti polisi atau petugas DLLAJR atau lakukan obrolan ringan dengan pekerja warung makan atau penjaga kios.

5. Jika Anda masih melanjutkan perjalanan ke kota lain dengan bus, belilah tiket pada loket penjualan tiket bus resmi atau PO (perusahaan otobus) resmi.

6. Jika naik bus malam, naiklah dari PO atau agen resmi bus tersebut. Jika terpaksa naik di terminal, datang lebih awal.

7. Bus yang kosong atau sesak sama bahayanya, dua kondisi itu ideal bagi pencopet. Mereka biasa bergerombol, tiga sampai lima orang.

8. Dalam bus yang sesak, Anda perlu waspada saat naik atau turun.

9. Untuk menghindari kejahatan pembiusan, jangan menerima tawaran minuman atau makanan dari orang yang tidak/baru Anda kenal di kawasan terminal.

10. Dompet sebaiknya jangan ditaruh di saku. Simpan uang secukupnya saja di saku baju depan

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon