Rabu, 29 Januari 2014

Tips Cara Aman Mencari Pembantu Rumah Tangga

Tags

Kesibukan dalam menjalani hidup sehari-hari di dalam dan di luar rumah, sudah tentu kita membutuhkan bantuan Pembantu Rumah tangga (PRT) untuk mengurus kegiatan rumah tangga seperti menyapu, mengepel, mencuci, mengelap, memasak, mebersihkan, menguras, menjemur, menyeterika, dan lain-lain.

Pembantu Rumah Tangga atau yang disingkat PRT adalah orang yang menawarkan jasa membantu melakukan kegiatan rumah tangga orang lain. Untuk mendapatkan seorang pembantu rumah tangga yang baik dan cocok memang gampang-gampang sulit. Karena penghasilan pembantu biasanya kecil di bawah upah minimun regional/provinsi sehingga kurang menarik bagi seseorang yang mencari pekerjaan sebagai pembantu.

Terkadang ada saja orang yang menganggap pembantu adalah budak yang bebas untuk kita perlakukan. Banyak kasus penganiayaan pembantu oleh majikan (penyewa pembantu) yang berujung pada dipenjaranya majikan kejam. Palaku biasanya baru menyesal setelah semua terjadi. Pembantu rumah tangga memang rentan menjadi korban tindak kejahatan majikannya.

Namun sering pula pembantu rumah tangga (PRT) yang menjadi pelaku tindak kejahatan sebagai pencuri spesialis rumah majikan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut tips cara mencari Pembantu Rumah Tangga:

1. Melalui Biro Jasa Penyalur Pembantu

Biasanya di koran, majalah, poster, pamflet dan sebagainya ada yang menawarkan jasa menyalurkan pembantu ke rumah kita dengan tarif yang telah ditentukan sehingga kita sulit untuk nego harga. Pembantu jenis ini biasanya cukup dikhawatirkan para majikan karena bisa saja mereka adalah komplotan atau individu pencuri spesialis rumah majikan.

Jika melalui Biro Jasa Penyalur Pembantu, pastikan pembantu tersebut mempunyai identitas yang jelas, kenalan atau saudara yang bisa dihubungi bila terjadi sesuatu.

2. Melalui Pembantu Tetangga Atau Kenalan

Cara lebih aman adalah dengan meminta melalui pembantu tetangga atau kenalan. Pembantu bisa kita tanyai apakah mereka punya kenalan atau saudara yang mau jadi pembantu rumah tangga. Mintalah rekomendasi orang yang baik-baik dan sudah berpengalaman terbaik menurut si pembantu yang kita tanya.

3. Melalui Teman, Saudara Atau Kenalan

Kalau anda atau pasangan punya kampung halaman, tidak ada salahnya menanyakan apakah warga atau saudara di sekitar kampung ada yang mau dijadikan pembantu untuk kita. Bisa juga kita menanyakan ke teman atau sodara untuk rekomendasi pembantu yang mereka tahu. Pembantu yang dikenal baik oleh teman dan saudara kita biasanya membuat kita tenang dan tidak khawatir pembantu kita berbuat tindak kriminalitas. Karena Pembantu tersebut dari link yang dikenal atau dikenal keluaga dan asalnya.

Tips Tambahan Agar Pembantu Rumah Tangga Betah dan Kerasan:

a. Beri gaji sesuai standar pembantu di sekitar rumah kita.
b. Jika kerja pembantu baik sebaiknya naikkan gaji sepantasnya.
c. Berikan perilaku yang ramah dan kekeluargaan.
d. Bertindak tegas dengan memecat pembantu jika sudah sulit diatur, sering membuat keributan, terlalu sering pacaran, sering bolos, mengatur-atur, menggoda anggota keluarga kita, sering bohong, dll dengan memberi pesangon secukupnya. Hal ini agar tidak ditiru oleh pembantu yang lainnya.
e. Jangan terlalu memforsir kerja pembantu karena PRT juga manusia.
f. Berikan THR saat lebaran dan sering memberi bonus jika bekerja baik.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon