Jumat, 17 Januari 2014

Tips Terhindar dari Penipuan Online

Tags


Pembaca yang budiman, dengan semakin banyaknya penipuan online berikut kami sampaikan berbagai tips-tips agar terhindar dari penipuan online, khususnya jual beli online :

  1. Utamakan membeli di website milik Toko Resmi seperti www.(namatoko).com, bukan website jual beli umum, sebab di website jual beli umum yang berjualan adalah perorangan, kemungkinan penipuan lebih besar. 
  2. Pastikan ranking alexa website tinggi. Itu berarti ada banyak yang mengunjungi website tersebut, dengan kata lain banyak pembeli yang telah berinteraksi dengan website tersebut. Bila website masih bisa diakses, kemungkinan besar ini bukan situs penipuan, sebab ranking alexa tinggi dan masih bisa dibuka. Cek di www.alexa.com lalu ketik alamat website toko online yang dimaksud.
  3. Pastikan bahwa website tersebut adalah website resmi dari toko yang bersangkutan, kita bisa cari rujukannya di google.co.id
  4. Pastikan pada halaman website tertera nama penjual, nomor rekening Bank dan nama pemilik Rekening bank dengan jelas.
  5. Telpon dari kontak yang tertera pada website tersebut, pastikan nada penjual tidak seperti mengada-ada. Tanya banyak hal mengenai alamat toko, nama toko, nama dia, jabatan dia, termasuk kondisi barang secara detail. Semakin penjual memberikan keterangan dengan detail dan dengan nada yang tenang kemungkinan besar ini bukan penipuan.
  6. Berhati-hatilah dengan harga barang yang dibawah harga pasaran, sebab kemungkinan besar itu adalah penipuan.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon