Jumat, 27 Februari 2015

Fakta Unik Indonesia yang Mendunia

Tags

7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia - Indonesia adalah negara yang memiliki beragam budaya, pesona alam dan berbagai daya tarik lainnya yang amat sangat mengagumkan masyarakatnya, bahkan dunia pun juga mengakuinya. Diantaranya puluhan ribu pulaunya. Indonesia mempunyai keunikan dan keindahan alam yang tiada tandingannya. Mulai dari adat istiadat, tradisi, suku bangsa, ataupun kekayaan flora dan faunanya.

Berikut 7 fakta unik Indonesia yang Mendunia :

1. Goa Terdalam - Goa Petruk

Goa yang memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 meter atau lebih tepatnya 2 KM yang berada di Kebumen, Jawa Tengah ini adalah goa terdalam di dunia yang memiliki panorama alam, yakni batu stalaktit dan stalakmit yang menyerupai berbagai bentuk.

Goa Petruk ini terbagi menjadi 3, yang pertama hanya terdapat kelelawar yang berterbangan, yang kedua diberi nama 'Goa Semar' karena ada pemandangan dari bebatuan yang mempesona. Dan yang ketiga diberi nama 'Gua Petruk' karena pada gua tersebut terdapat batu yang memiliki wujud seperti hidung Petruk, tokoh wayang. Tetapi, karena ulah Belanda untuk melakukan penambangan pada waktu itu, maka bentuk hidung petruk menjadi putus.

2. Hutan Tropis Terluas - Papua
Hutan Tropis atau Hutan Hujan ini hanya meliputi wilayah sekitar 2% dari wilayah tanah bumi, tetapi hutan hujan masih menyediakan 40& oksigen. Di Indonesia, butan tropis terluas adalah hutan tropis di provinsi Papua, dengan luas mencapai 28.816 KM persegi.

Sebagai hutan hujan yang banyak menerima hujan, biasanya mampu menampung beragam flora dan fauna yang mengagumkan. Para ilmuwan banyak yang menyebutkan separuh spesies flora dan fauna tinggal di hutan hujan ini.

3. Letusan Gunung Terdahsyat - Gunung Tambora
Pada bulan April 1815 yang lalu, Gunung yang berada di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini meletus dan menjadi letusan gunung terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia. Letusan gunung ini terdengar hingga Pulau Sumatera atau lebih dari 2000 KM dengan abu vulkaniknya jatuh sampai ke Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Dan sampai menelan jiwa tidak kurang dari 71.000 jiwa.

Letusan gunung ini juga menyebabkan perubahan iklim dunia. Karena perubahan iklim yang sangat drastis tersebut banyak gagal panen dan kematian ternak di bumi bagian utara hingga menyebabkan kelaparan terburuk pada abad ke-19.

4. Ombak Terpanjang dan Terbesar - Pantai Plengkung
Selama ini kita hanya mengenal Pantai Kutai, Sanur, dan Nias sebagai surga para peselancar, namun perlu anda ketahui selain pantai-pantai tersebut, ada sebuah pantai di Taman Nasional Alas Puro, Banyuwangi, Jawa Timur yang tak kalah takjub dimata peselancar dunia. Pantai ini bernama Pelengkung atau lebih dikenal dengan G-Land karena wilayahnya yang menyerupai huruf 'G' jika dilihat dari atas.

Ombak yang tingginya mencapai 4-6 meter sepanjang 2 kilometer ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Bahkan konon dinyatakan sebagai ombak tertinggi kedua dan terpanjang di dunia. Alasan ini yang membuat G-Land menjadi salah satu surga para peselancar dunia.

5. Pabrik Semen Tertua - PT. Semen Padang
Pabrik yang berdiri pada tanggal 18 Maret 1910 di Padang, Sumatera Barat ini adalah pabrik semen tertua di Indonesia. Pabrik yang mulai berproduksi pada tahun 1913 dengan kapasitas 22.900 ton/tahun dan pernah mencapai produksi terbesar yait 170.000 ton pada tahun 1939 yang merupakan produksi paling tinggi saat itu.

Saat Indonesia dikuasai oleh Jepang pada tahun 1942 - 1945, pabrik ini diambil alih oleh Bangsa Jepang. Dan pada saat kemerdekaan RI akhirnya pabrik ini berhasil diambil alih oleh karyawannya dan diserahkan kembali kepada pemerintah RI.

6. Makanan Terenak di Dunia - Rendang
Rendang, makanan yang dikenal sebagai masakan asli masyarakat Padang, Sumatera Barat ini ternyata sudah dikenal hampir di seluruh pelosok tanah air.

Rendang ini masuk di urutan ke-11 dari 50 daftar makanan terenak di dunia yang dipublikasikan oleh stasiun berita CNN. Urutan tersebut berdasarkan polling yang dilakukan melalui situs jejaring sosial facebook. Rendang adalah satu-satunya maskan yang masuk dalam daftar dunia yang mengalahkan kelezatan kebab dari Turki, Lasagna dari Italia, fajitas dari Mexico dan pho dari Vietnam.

Kemudian dari polling di Facebook yang dirilis pada awal September di CCNGo.com yang lalu, rendang dipilih sebagai masakan terlezat di dunia, hingga mampu mneggeser posisi Massaman Curry dari Thailand dan Neapolitan Pizza dari Italia.

7. Spesies Ikan Hiu Terbanyak
Indonesia telah mendapat pengakuan dari dunia internasional yaitu memiliki luas laut 75% dari luas daratan. Indonesia merupakan lintasan jalur pelayaran penghubung samudera Pasifik dengan samudera Hindia dan benua Asia dengan benua Australia untuk kepentingan perdagangan maritim internasional dan militer global.

Maka tak heran jika perairan Indonesia memiliki 150 spesies hiu. Antara lain Hiu Paus, Wild Shark atau Hiu Geger Lintang yang merupakan ikan terbesar di dunia yang meiliki panjang mencapai 65 meter dan berat mencapai 37.000 KG serta masih banyak lagi spesies jenis lain. Dengan jumlah spesies tersebut, maka Indonesia layak mendapat predikat negara dengan memiliki spesies hiu terbanyak di dunia. 

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon