Rabu, 25 Februari 2015

Tips Terhindar dari Penipuan Online

Tags

Belanja sesuatu secara online kini tidak asing lagi di telinga kita, beberapa tahun lalu belanja online sangat jarang di dengar apalagi ada orang yang membuka toko online.

Orang indonesia rata-rata masih belum mengetahui cara pembelian secara online, masih sedikit yang mengerti tentang sistem shopping cart, paypal maupun pembayaran via rekening. Dan salah satunya yaitu takut terhadap penipuan online.

Berikut ini akan saya berikan tips bagaimana cara mengenali toko online yang terpercaya agar terhindar dari penipuan saat Anda berbelanja secara online

1. Cek Keterangan Situs Tersebut

Toko Online yang terpercaya pasti memiliki tracking record pula, Anda bisa cek website tersebut melalui beberapa situs pengecekan umur domain yaitu http://www.iwebtool.com/whois .

Anda akan mengetahui umur site tersebut, siapa pemiliknya dan beberapa keterangan pribadi pemilik website tersebut

2. Domain Berbayar

Ciri-ciri toko online yang terpercaya selanjutnya adalah memiliki domain berbayar yang berakhiran .com, co.id dan sebagainya hindari toko online yang masih menumpang pada penyedia domain gratis. Hindari toko online dari blogspot.com karena banyak penipu toko online menjajakan barangnya melalui blog gratisan tersebut.

3. Alamat Lengkap

Toko online yang terpercaya pasti memiliki alamat yang lengkap, silahkan cek alamat tersebut apakah itu alamat asli atau alamat fiktif. Akan lebih baik memilih toko online yang memiliki toko biasanya di suatu tempat karena lebih terpercaya dan kemungkinan penipuan hampir tidak ada.

4. Harga

Kebanyakan pembeli online terjerumus pada penipuan karena harga yang murah, Anda harus jeli membedakan harga diskon dan harga yang hanya memancing para korban belanja online.

Bandingkan harga tersebut dengan toko online lainnya, jika Anda menemukan toko online yang menjual suatu produk di bawah harga rata-rata maka Anda patut mencurigainya.

5. Sistem Pembayaran & Pengiriman

Ini merupakan point terpenting dalam aktivitas belanja online. Perhatikan bagaimana sistem pembayarannya jika Anda menemui sesuatu hal yang janggal dengan sistem yang berbelit sebaiknya tinggalkan.

Dan untuk pengiriman tanyakan resi pengiriman tersebut, dan cek harga apakah barang tersebut benar-benar dikirim atau belum.

Cukup sekian beberapa tips sederhana belanja online ini, semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda agar terhindar penipuan online.

Tentu tips terhindar penipuan toko online menjadi penting dewasa ini dimana jumlah pengguna internet terus meningkat. Dan bukan tidak mungkin mayoritas dari teman pembaca sudah pernah memiliki pengalaman berbelanja online. Jika ingin berbagi saran, tips atau pengalaman agar terhindar dari penipuan toko online silahkan berbagi melalui kolom komentar

Ingin tahu perkembangan dan laporan penipuan online, ikuti terus www.polisionline.net

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon