Rabu, 22 April 2015

Ayo Dukung Kesepakatan Indonesia-Nigeria

Tags

Di sela-sela pertemuan Konferensi Asia-Afrika 2015, Menteri Luar Negeri, Retno Lp Marsudi telah kembali melakukan pertemuan bilateral dengan 6 negara sahabat untuk membahas berbagai isu dalam upaa meningkatkan kerja sama bilateral dan saling dukung di forainternasional.


Kerja sama antar Menlu Indonesia dengan Menlu Mongolia akan segera dilaksanakan melalui JCBC Indonesia-Mongolia. Kesepakatan tersebut membahas upaya mempererat kerja sama dan peningkatan demokratisasi di kawasan melalui kegiatan BDF dan CoD.

Sementara dengan menlu Nigeria, sepakat menjalin kerja sama di bidang kontra terorisme dan kerja sama pemberantasan narkoba khususnya dalam implementasi MoU kerja sama produksi, manufaktur dan penyelundupan narkoba yang di tandatangani oleh Presiden kedua negara.

Nigeria merupakan negara dengan mitra dagang yang besar dan sebagai tujuan investasi Indonesia terbesar di Afrika. Total perdagangan bilateral pada tahun 2014 mencapai US$ 2,98 milyar dengan rata-rata pertumbuhan 52,47% periode 2013. Sementara di bidang investasi terdapat 28 perusahaan Indonesia yang beroperasi di Nigeria.

Mengakhiri rangkaian pertemuan, menlu RI bertemu dengan counterpartnya yaitu menlu Angola. Menlu RI menyambut baik rencana pembukaan Kedutaan Besar Angola di Jakarta. Hal itu semakin meningkatkan hubungan kedua negara khususnya kerja sama di sektor energi dan perdagangan.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon