Minggu, 12 April 2015

Batu Akik yang Melegenda

Tags

Siapa yang tidak mengenal batu akik yang punya banyak warna, motif, bahkan keunikan karena dianggap memiliki kekuatan itu ? Sebenarnya, di Indonesia yang lagi tren masanya batu akik ini membuat sebagian orang bertanya-tanya seputar batu akik. Mari kita simak perjalanan batu akik yang ternyata bermula dari luar Indonesia, dan sudah menjadi tren dimana-mana.

Batu akik yang berasal dari kata 'Agate' dalam bahasa inggris ini, adalah modifikasi dari nama sebuah sungai Achates. Sungai ini diyakini sebagai tempat pertama ditemukannya batu akik, namun nama sungai ini telah berganti menjadi Sungai Drillo.

Ada yang mengatakan, bahwa 20000 tahun Sebelum Masehi batu akik telah digunakan oleh kaum pria Eropa Utara era Stone Age sebagai perhiasan. Pada tahun 400 Sebelum Masehi, batu ini telah dijadikan bahan untuk membuat manik-mamik oleh bangsa yunani.

Batu akik dinyatakan memiliki keistimewaan sejak dahulu, karena mereka percaya bahwa orang yang memakai batu akik dapat membuat orangnya menjadi ramah, berwawasan luas juga jujur. Di Persia sendiri, batu akik dipercaya mampu melindungi pemakainya dari badai juga rasa haus.

Keistimewaan yang lainnya adalah, batu akik dapat menyembuhkan insomnia, penyakit kulit, sampai alergi.

Sebagai perhiasan, batu akik juga telah dijadikan sebagai mangkuk oleh berbagai kerajaan. Pada masa sekarang, Anda dapat menemukan mangkuk batu istimewa ini di museum-museum yang berasal dari kerajaan Raja Pontus.

Di Sumeria, batu akik digunakan sebagai manik-manik, segel juga perhiasan. Di Arab, batu akik ditulisi ayat-ayat Al-Quran atau gambar simbolis, yang mereka yakini sebagai media agar terhindar dari musibah.

Batu ini juga dipercayai berhubungan dengan angka 12 dan 14. Oleh karena itu, pada zaman dulu orang suka menghadiahkan batu ini, saat perayaan pernikahan ke-12 atau ke-14. Selain itu, batu ini juga dipercaya untuk menjadi pelindung ibu saat hamil.

Jadi, apalagi yang masih harus kita cari tahu. Dari sini, kita telah mengenal batu akik dari sudut pandang sejarahnya, keistimewaannya, sampai manfaatnya. Semoga bermanfaat.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon