Selasa, 21 April 2015

Fakta Unik Tentang Hari Kartini

Tags


Tanggal 21 April adalah hari yang sangat penting bagi kaum wanita di Indonesia. Karena pada hari itu wanita indonesia memperingati Hari Kartini. Hari Kartini disimbolkan sebagai perjuangan kaum wanita atas hak di bumi Indonesia.

Hari Kartini didirikan sendiri oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno pada tanggal 2 Mei 1964 lewat Keputusan Presiden No.108. Kemudian dipilihlah tanggal 21 April sebagai Hari Kartini karena hari itulah lahirnya sosok pejuang hak kaum wanita, R.A Kartini di Indonesia.

Fakta dibalik Hari Kartini :

1. Nama R.A Kartini

Sebenarnya nama asli Kartini adalah Raden Adjeng Kartini. Namun ia lebih senang dipanggil Kartini saja karena ia tidak suka menampakkan nama bangsawan yang disandangkan.

2. Habis Gelap Terbitlah Terang

Sebuah buku yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang" adalah karya fenomenal dari R.A Kartini. Perlu anda ketahui, penyusun dari buku tersebut bukanlah R.A Kartini sendiri, melainkan J.H. Abendannmenamai. Sebenarnya buku tersebut merupakan kumpulan surat R.A Kartini yang dibuat untuk teman - temannya yang kemudian dikumpulkan oleh J.H Abendannmenamai. Buku tersebut diberi judul "Door Duisternis tot Licth" yang bisa diartikan sebagai Habis Gelap Terbitlah Terang.

3. Kontroversi R.A Kartini

Meskipun ia adalah tokoh Pahlawan Nasional, hal tersebut tidak membuat R.A Kartini sepi dari kontroversi. Banyak para sejarawan yang meragukan keabsahan buku "Habis Gelap Terbitlah Terang". Tidak hanya itu, mereka juga meragukan tentang jasa - jasa beliau sehingga layak menjadi Pahlawan Nasional. Tetapi ada pula yang meragukan originalitas buku tersebut, karena tidak pernah ada orang lain yang melihat naskah asli surat - surat yang dibuat oleh R.A Kartini selain J.H Abendannmenamai.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon