Rabu, 22 April 2015

Ini loh, Bahaya Tidur Menggunakan Lampu Menyala

Tags

Terkadang kebiasaan seseorang saat tidur berbeda-beda. Ada yang suka menyalakan lampu dan ada yang tidak. Mungkin, bagi yang takut kegelapan, akan terus menerus menyalakan lampu ketika tidur. Sebenarnya, disitulah letak bahayanya.


Seperti yang kita ketahui, saat tubuh terasa lelah setelah seharian beraktivitas hal yang paling baik dilakukan adalah tidur. Tidur merupakan keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui. Pada manusia, tidur merupakan baik untuk kesehatan. Tanda-tanda kehidupan seperti kesadaran, puls dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. 

Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya untuk tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan, tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Beberapa orang mematikan lampu ketika tidur. Namun, sebagian lagi yang menakuti kegelapan tetap akan menyalakan lampu dan kamar tidur dalam keadaan terang. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan.

Hal yang paling utama ketika tidur lampu menyala yaitu resiko terkena kanker. Karena hormon melatonin akan hilang. Tidak dapat melakukan produksi hormon tersebut untuk pencegahan terhadap kanker apapun.
Penyakit lainnya yang akan timbul seperti Leukemia, obesitas, mengganggu jam tidur manusia, bangun tidur badan akan terasa pegal, bahkan bisa terserang insomnia.

Dari insomnia pun akan mendapat efek buruk seperti mudah marah, halusinasi, nyeri otot, resiko diabetes tipe 2, mudah lupa, menguap parah dan lainnya. Ada baiknya ketiga tidur matikan saja lampu dan biarkan kamar dalam keadaan gelap. Karena hal tersebut dapat memicu produksi hormon melatonin. Jika masih belum terbiasa, gunakan lampu kuning/jingga atau merah. Yang terpenting lampu tersebut redup.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon