Minggu, 26 April 2015

Inilah Keistimewaan Sholat Malam

Tags

Sudahkah Anda sholat? Sholat merupakan tiangnya agama. Jadi, kalau sebagai umat tidak menjaga tiangnya, apa yang akan terjadi? Bagaimana jika seorang hamba tidak mengerjakan sholat, padahal sholat adalah amalan pertama yang akan dihisab oleh Allah SWT. Semoga Allah senantiasa membuat kita terus-menerus mengerjakan sholat (istiqomah) karena Allah.


Sholat itu bukan hanya yang fardhu atau yang wajib dilakukan. Ada sholat yang dianjurkan atau disunnahkan oleh Allah SWT, seperti sholat tahajud, sholat hajat, sholat tasbih, sholat istikhoroh (minta petunjuk), sholat dhuha dan sholat yang lainnya.

Lalu, tahukan Anda dengan keistimewaan sholat sunah yang disebutkan diatas? Keistimewaan sholat malam (qiyamullail) adalah :

1. Diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Hurairah yang artinya, "Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat di tengah malam." Jadi, Sholat malam itu adalah sholat yang paling utama setelah sholat fardhu.

2. Diriwayatkan juga oleh Al-Khathib dari Abu Hurairah yang artinya, "Keutamaan seorang mukmin adalah sholatnya pada waktu malam." Maksudnya adalah sholat sunnah, bukan sholat wajib yang dikerjakan di waktu malam-malam.

3. Kebiasaan orang-orang yang sholeh.

4. Sebagai sarana agar kita semakin dekat dengan Allah SWT.

5. Penghapus keburukan sifat kita, seperti sakit hati, galau, selalu sedih, perasaan tidak tenang, iri hati, sombong, rakus, berlebih-lebihan yang membuat hati kita tercemar dengan sesuatu hal yang tidak berguna.
6. Menjauhkan diri dari kemaksiatan.

7. Pengusir penyakit dari badan.

8. Nabi Muhammad SAW mewasiatkannya kepada penduduk madinah saat beliau hijrah ke sana.

9. sholat ini hanya dilakukan pada sepertiga malam yang mulia. Dan pada waktu itu, Allah SWT sungguh mengijabah apa-apa yang diinginkan hamba-Nya.

10. Sholat malam menjadi sebab derajat seseorang dinaikan oleh Allah. Mengapa? Karena sholat malam jarang sekali ada yang mampu mengerjakannya. Karena waktunya juga yang terbilang waktu orang tidur pulas dan orang yang melakukan sholat malam adalah orang-orang yang imannya kuat.

Kesimpulannya, sholat malam sungguhlah istimewa. Walaupun sulit untuk dilakukan, tapi disitulah kenikmatan yang Allah limpahkan sungguh indah. Semoga Anda termasuk orang-orang yang beruntung karena Anda dapat mengamalkannya. Amiin.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon