Rabu, 13 Mei 2015

Khasiat Sayuran yang Lebih Hebat Saat Dimasak

Tags

Pakar Kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi sayura dalam keadaan mentah tetapi segar, agar kandungan nutrisi maupun enzim tetap terjaga. Tetapi tidak semua semua sayuran baik dimakan mentah. Ada beberapa sayuran yang memiliki khasiat jauh lebih baik bagi kesehatan apabila dimasak atau dipanaskan dalam durasi waktu tertentu. Agar tidak salah dalam mengolahnya, Anda perlu tahu jenis sayuran yang sebaiknya mengalami proses pemanasan yang baik. 


1. Wortel
Ketika wortel dimasak, jumlah beta karoten di dalamnya meningkat secara signifikan. Beta karoten merupakan jenis anti oksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan metabolisme, menjaga kesehatan penglihatan, mempercantik kulit hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Masak wortel dengan cara dikukus, ditumis, atau direbus dalam waktu 5 hingga 15 menit saja untuk menjaga kandungan nutrisinya. 

2. Kubis
Bagian luar kubis yang berwarna hijau gelap mengandung lebih banyak nutrisi ketimbang lapisan dalamnya. Kubis kaya akan vitamin C, beta karoten dan lutein. Konsumsi kubis dalam pors medium (95 gram) cukup untuk memenuhi kebutuhan lutein per harinya. Kubis sebaiknya dimasak tidak terlalu lama, cukup dengan ditumis atau direbus tak lebih dari 5 menit.

3. Tomat
Kandungan lycopene ternyata bisa jauh lebih tinggi pada tomat yang dimasak atau kalengan ketimbang tomat mentah. Proses pemasakan atau pengemasan dalam kaleng membantu memecah beberapa dinding sel pada tomat, melepaskan lycopene lebih banyak sehingga lebih mudah terserap oleh tubuh. 
Memasak tomat pun tidak akan mengurangi nutrisi lainnya seperti beta karoten dan vitamin C, asalkan tidak dipanaskan dalam waktu yang terlalu lama. Disarankan rutin mengonsumsi 2 - 3 butir sehari untuk mendapat manfaat maksimalnya.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon