Rabu, 06 Mei 2015

Mulailah Menabung untuk Masa Depan yang Lebih Tertata

Tags

Menabung adalah sebuah pilihan tepat dan rasional serta ada manfaatnya. Keputusan menabung merupakan keputusan matang dalam urusan ekonomi masa depan karena keuntungan apapun akan didapatkan.

Namun pada kenyataannya, kita jarang berfikir rasional tentang hal itu. Kita cenderung menggunakan uang kita untuk membeli kebutuhan kita dengan mengedepankan emosi bukan keputusan yang matang karena kita membutuhkan barang tersebut, yang pada akhirnya hanya tidak mendapatkan keuntungan sama sekali.

Jadi, bagaimana yang harus dilakukan pertama kali jika Anda ingin mengontrol keuangan Anda agar lebih tertata pengeluarannya juga agar Anda tidak mengedepankan emosi Anda saat kebutuhan tiba-tiba harus dipenuhi.

Kontrol diri merupakan cara pertama, dengan cara mengontrol diri Anda saat dihadapkan dengan sesuatu yang ingin Anda miliki. Kenalilah antara kebutuhan dan keinginan. Dari situlah Anda akan lebih tahu dan lebih mampu mengontrol kebutuhan.

Menyatakan dalam diri Anda bahwa menabung itu untuk masa depan Anda. Pikirkanlah apa yang Anda butuhkan di masa depan Anda. Menikmati apa yang sudah Anda usahakan di waktu muda yang merupakan suatu motivasi dari sebuah peribahasa "Berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian."

Bersyukur atas apa yang Anda miliki saat ini. Karena dengan bersyukur dapat menumbuhkan sifat sudah cukup dan tidak memerlukan apa-apa yang memang tidak dibutuhkan. Dengan bersyukur juga akan menambah rizki yang Anda dapatkan.

Kesimpulannya, Anda akan mampu mengontrol diri Anda, mengatur kebutuhan Anda juga menghemat waktu Anda jika memang Anda juga mampu mengambil keputusan dengan tepat dan baik tentang hal-hal yang lebih penting.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon