Jumat, 08 Mei 2015

Penyebab Mendengkur (Ngorok)

Tags


Mendengkur alias ngorok tak hanya mengganggu kenyamanan tidur pasangan atau orang lain disekitarnya. Bagi orang yang mendengkur itu sendiri, penyempitan jalan napas yang terjadi bisa sangat mengurangi kualitas tidur.

Suara dengkuran terjadi akibat jalan napas menyempit, lalu bergetar saat dilalui udara pernapasan. Penyempitan itu sendiri dipicuoleh banyak hal, mulai dari kegemukan hingga kebiasaan minum alkohol secara berlebihan.

Beberapa penyebab orang yang sering mendengkur dan solusinya.

1. Kegemukan
Khususnya pada laki - laki, kegemukan sering terkonsentrasi disekitar leher. Timbunan lemak di daerah ini membuat jalan napas menyempit. Untuk mengatasinya adalah dengan menurunkan berat badan.

2. Kecanduan alkohol
Akibat pengaruh alkohol membuat otot pernapasan terlalu rileks sehingga kolaps. Jalan napas yang tersumbat akan bergetar saat digunakan untuk bernapas. Solusinya adalah mengurangi mengkonsumsi alkohol dan sebisa mungkin tidak meminumnya menjelang tidur.

3. Merokok
Perokok dua kalil lebih berisiko untuk ngorok dibandingkan yang tidak merokok. Racun yang terdapat dalam asap rokok membuat dinding saluran pernapasan mengalami iritasi, kemudian bengkak dan menyumbat aliran udara. Hal ini juga dialami oleh perokok pasif. Solusinya sangat mudah, berhentilah merokok.

4. Salah posisi saat tidur
Posisi yang paling berisiko adalah posisi tidur saat telentang. Pengaruh grafitasi membuat pangkal lidah dan jaringan lain disekitar leher turun dan menekan jalan napas. Untuk mnegatasinya adalah tidur dengan posisi miring. Atau menempatkan bantal agak miring agar jalan napas sedikit lebih terbuka.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon