Kamis, 09 Juli 2015

4 Pose Yoga yang Dapat Membantu Persalinan dan Kekuatan Otot Ibu Hamil

Tags


Tak sedikit wanita hamil yang mempertanyakan olahraga apa yang tepat dan aman dilakukan selama kehamilan. Menurut Dr. Many Alvarez, hamil bukan berarti Anda tak bisa berolahraga. Tubuh yang semakin berat justru akan terasa lebih fit dan rileks setelah berolahraga.


Meski wanita hamil dibolehkan untuk berolahraga, tentu perlu melakukan konsultasi elbih dulu dengan dokter ahli kandungan Anda. Pasalnya, ada kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan kehamilan yang memang tidak memungkinkan untuk berolahraga, seperti plasenta previa, sejarah persalinan prematur, hipertensi berat, atau kehamilan kembar dua atau bahkan kembar tiga. Jika memang tak ada faktor risiko tersebut, maka Anda bisa berolahraga.

Olahraga terbaik selama masa kehamilan adalah prenatal yoga. Alasannya adalah, karena yoga membantu Anda dengan tiga hal dasar yang berpengaruh pada kehamilan, yaitu fleksibilatas, ketenangan mental dan fokus pernapasan. Prenatal yoga terbukti memiliki banyak manfaat yang tak terhitung. Olahraga ini akan membantu Anda tidur dengan mudah, yang biasanya menjadi masalah banyak wanita hamil.

Meningkatkan kekuatan otot, mengurangi gangguan saraf yang menyebabkan sakit punggung dan meningkatkan kinerja kardiovaskular yang dapat membantu pertumbuhan bayi. Selain manfaat fisik, prenatal yoga juga membantu mengatasi stres dan kecemasan. Kuncinya adalah menemukan seorang instruktur yang ebrpengalaman dalam latihan ini.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ada berbagai macam pose dalam yoga, tapi beberapa pose berikut ini adalah yang paling bermanfaat untuk wanita hamil yaitu, Sun salutation, Pose ini membantu otot tubuh lebih kuat, yang mana sangat ideal untuk membantu selama proses persalinan nantinya.Tree pose, Pose ini melatih keseimbangan dan kekuatan otot belakang. Goddess pose, Pose ini membantu mengatasi stres dan kecemasan, yang memungkinkan Anda membersihkan pikiran dan fokus dengan kehamilan Anda. Standing flow pose, Pose ini berefek pada kinerja kardiovaskular tapi dengan cara aman dan rendah risiko.

Jika Anda telah memiliki instruktur prenatal yoga yang tepat, ia tentu akan melatih berbagai posisi berbeda sesuai dengan trimester yang sedang Anda jalani, mengingat semakin besar usia kehamilan akan semakin besar dan berat juga beban di perut Anda. Inilah mengapa prenatal yoga adalah latihan terbaik dan jika Anda melakukannya secara teratur, akan menciptakan keseimbangan dalam kehamilan Anda. Olahraga ini juga akan membantu Anda menghadapi persalinan dengan lebih tenang dan mudah, serta cepat memulihkan diri setelah melahirkan. Jangan lupa, konsumsi cukup air setiap usai latihan, agar Anda dan janin tak dehidrasi.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon