Rabu, 08 Juli 2015

Apakah Suntik Membatalkan Puasa?

Tags


Banyak yang mempertanyakan mengenai suntik ketika berpuasa. Banyak pula yang berpendapat jika suntik akan membatalkan puasa begitu juga sebaliknya. Namun, bagaimana dengan orang yang sakit dan harus disuntik kala berobat dan bagaimana hukumnya?


Biasanya mereka yang ingin disuntik, akan dilakukan pada siang hari. Suntikan di siang hari Ramadan ada dua macam, yaitu suntikan nutrisi (infus), yang bisa menggantikan makanan dan minuman. Suntikan semacam ini membatalkan puasa karena dinilai seperti makan atau minum, dan suntikan selain nutrisi, seperti: suntik obat atau pengambilan sampel darah. Suntikan semacam ini tidak membatalkan dan tidak memengaruhi puasa, baik suntikan ini diberikan di lengan atau di pembuluh. Hanya saja, jika memungkinkan, sebaiknya suntikan ini dilakukan di malam hari, dan itu lebih baik, sebagai bentuk kehati-hatian ketika puasa.

Dalam Fatwa tentang Puasa (hlm. 220), Syekh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin pernah ditanya tentang hukum menggunakan jarum suntik di urat maupun di pembuluh. Beliau menjawab, suntikan jarum di pembuluh, lengan, maupun paha diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa, karena suntikan tidaklah termasuk pembatal dan juga tidak bisa disamakan dengan pembatal puasa. Sebabnya, suntikan bukanlah termasuk makan dan minum, juga tidak bisa disamakan dengan makan dan minum …. Yang bisa membatalkan puasa adalah suntikan untuk orang sakit yang menggantikan makan dan minum (infus).

Selain itu, ketika kita sakit jangan terlalu memaksakan diri. Karena, orang sakit tandanya kita sedang diampuni dosa-dosanya. Terkecuali bagi orang yang masih kuat untuk menahannya.

Dalam keadaan darurat, tidak jauh kemungkinan suntik salah satunya agar puasa tidak batal. Namun, suntik yang kita lakukan merupakan suntikan obat melalui pembuluh darah bukan infus. Jika, suntik infus, orang tersebut dikatakan batal puasanya karena sama dengan memasukan makanan dan minuman ke dalam tubuh.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon