Jumat, 10 Juli 2015

Asap Rokok Membuat Jerawat Semakin Parah!

Tags


Kecantikan tidak hanya terpancar dari dalam hati, tetapi fisik juga memegang peran penting. Tidak hanya wanita yang melakukan perawatan tubuh. Sekarang pria juga melakukannya agar tetap terlihat manly. Masalah kulit terutama pada anak remaja baik wanita atau pria yaitu jerawat.


Jerawat merupakan peradangan atau infeksi kulit karena kuman bakteri. Jerawat umumnya berada di sekitar wajah dan leher. Jika tidak diberi penanganan khusus, jerawat akan bengkak dan semakin meradang. Bahkan bekas-bekas jerawat pun membuat seseorang menjadi tidak pede karena noda hitam yang tak bisa hilang.

Sebuah penelitian mengungkapkan, asap rokok ternyata tidak hanya menyebabkan kulit wajah mengerut, tapi juga membuat efek jerawat pada wajah menjadi sangat parah. Temuan ini dihubungkan dengan jaringan parut atau yang sering disebut bekas luka pada wajah yang terlihat lebih berdampak pada perokok. Jerawat memang berpotensi merusak kulit dan meninggalkan bekas berupa lubang, plek hitam ataupun membuat permukaan wajah menjadi tidak rata.

Seperti diketahui, jaringan parut akan terbentuk ketika seseorang mencoba untuk memberikan perlakuan yang buruk terhadap jerawat yang ada di wajahnya. Penelitian ini melibatkan 992 penderita jerawat yang parah hingga harus dirujuk ke rumah sakit dermatologi dalam periode delapan tahun. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati jaringan parut pada 91 persen dari penderita tersebut.

Disebutkan, perokok memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kerusakan kulit. Lebih dari setengah (53,7 persen) dari perokok memiliki jaringan parut yang parah dibandingkan dengan hanya lebih dari sepertiga (35 persen) dari mereka yang bukan perokok. Hubungan antara merokok dan jaringan parut pada wajah menunjukkan aktivitas merokok dapat meningkatkan dampak semakin buruknya jaringan parut pada wajah orang yang rentan dengan jerawat.

Gangguan jerawat akan tampak jelas dan bahkan akan menyisakan bekas yang tidak akan hilang sepanjang hidup. Jerawat terjadi ketika kelenjar penghasil minyak di kulit menjadi lebih sensitif oleh hormon tertentu. Minyak yang berlebih akan menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri jerawat untuk berkembang dan menghasilkan bintik-bintik pada wajah.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon