Kamis, 09 Juli 2015

Benarkah Gunung Raung Harus Steril?

Tags


Indonesia memiliki gunung merapi yang masih aktif. Sehingga kapan saja gunung tersebut akan menimbulkan tanda-tandanya. Seperti yang kita ketahui, alat pendeteksi keaktifan gunung selalu diamati setiap hari. Terlebih lagi jika gunung sudah mngeluarkan wedus gembelnya. Akan ada siaga satu sampai tiga.


Jika sudah siaga satu saja para warga harus di evakuasi, bagaimana jika siaga tersebut siaga tiga? Namun, ada beberapa warga yang masih betah tinggal di rumahnya demi menjaga isi rumah. Namun, ada juga yang lebih memilih pindah agar keselamatan terjamin bersama keluarga.

Gubernur Jatim Soekarwo memerintahkan kawasan sekitar Gunung Raung hingga radius 6 kilometer dari puncak steril dan tidak ada aktivitas warga sama sekali. Perintah tersebut disampaikan menyikapi kentut Raung, yang mulai berdampak kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung. Semburan asap pekat GunungRaung (3.332 Mdpl) terlihat dari KA Pandanwangi jurusan Jember – Banyuwangi.

Untuk zona 7 sampai 10 kilometer dari puncak, pihaknya masih melihat perkembangan erupsi, apakah akan mengungsikan 236 kepala keluarga (KK) yang tinggal disana. Menurut Pakde Karwo, sebenarnya jika Gunung Raung sering batuk, maka hal itu tidak berbahaya. Karena material vulkanik bisa akan keluar secara perlahan-lahan. Saat ini, pasca berstatus siaga pada 29 Juni 2015 lalu, aktivitas batuk Gunung Raung yang menebar abu vulkanik terus meningkat.

Akibatnya, selain mulai mengganggu kesehatan warga sekitar, abu juga mengharuskan penerbangan pesawat mengubah untuk menghindari langit di atas Gunung Raung. Untuk itu, orang nomor satu di Jatim ini minta antisipasi terhadap berbagai kemungkinan yang ada harus dilakukan semua pihak dan stakeholders terkait. Mulai intensif berkoordinasi dan meng-update status terbaru, menyiapkan tempat pengungsian, melakukan evakuasi dengan cepat, hingga menyiapkan anggaran sesuai kebutuhan.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon