Jumat, 03 Juli 2015

Inilah Syarat Pemakaian Manset Bagi Hijabers!

Tags


Manset untuk hijab sudah menjadi barang wajib bagi para perempuan berhijab. Aplikasi manset bahkan dianggap begitu identik dengan busana hijab para perempuan di Indonesia. Terbukti dari banyaknya produksi garmen pakaian maupun aksesori hijab yang merilis berbagai macam model manset hjab, mulai dari aneka warna, variasi motif hingga aplikasi bordir di bagian leher dan lengannya.


Namun, persepsi setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengatakan memakai manset hijab tidak syar'i. Untuk pemakaian hijab haruslah lengan panjang yang longgar seperti bajunya. Semakin modern, hal tersebut sudah bukan lagi menjadi permasalahan. Tinggal bagaimana cara kita mengaplikasikannya secara positif.

Seorang desainer muda busana muslim sekaligus pendiri Zaura Models yaitu Lulu Elhasbu yang kini juga aktif sebagai pembicara di sejumlah acara talkshow seputar hijab mengatakan pemakaian manset hijab sebenarnya boleh saja. Asalkan fungsinya tidak berlebihan. Karena, sekarang banyak perempuan berhijab tidak memahami cara memadukan manset dengan busana hijabnya.

Manset hijab sebenarnya menjadi salah satu solusi untuk menutup bagian yang dikhawatirkan terlalu terbuka atau transparan. Namun, jika cara pemakaiannya salah makan akan terlihat menumpuk dan tidak rapih. Ketika memutuskan untuk berhijab, diperlukan penyesuaian soal busana agar pemakaian manset bisa diminimalisirkan.

Penggunaan manset jika dilihat tentu masih sangat tidak ideal untuk berhijab. Sebab, seperti yang kita ketahui, hijab haruslah syar’i. Memakai manset agar tidak merasa cepat panas merupakan kesalahan terbesar. Jangan samakan ketika kita sedang memakai lengan pendek atau kaos, itu sangat keliru.

Manset diperlukan jika blus yang kita gunakan terlalu tipis dan transparan seperti bahan sifon atau seumpama busana hijab dengan kerah yang rendah atau kita sedang tidak memakai ciput ninja. Syarat memakai manset untuk berlengan panjang juga diperlukan jika bentuk lengan bajunya, lengan balon, lengan tulip, lengan sayap dan lengan kimono. Agar aurat maupun lekuk tubuh tidak tampak.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon