Jumat, 17 Juli 2015

Taman Margasatwa Ragunan Saat Liburan

Tags


Taman Margasatwa Ragunan yang terletak di Jalan Harsono RM, Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan kerap dibanjiri pengunjung pada musim liburan lebaran. Pengelola kebun binatang Ragunan telah mengantisipasinya dengan membuka empat (4) pintu masuk di sisi utara, timur, barat, dan selatan. Persiapan dimulai dari parkir yang memang selalu menjadi perhatian khusus karena kecenderungan volume kendaraan kerap meningkat.


Strategi pengaturan lalu lintas ini diterapkan terutama pada sisi utara yang akan menjadi lahan parkir khusus kendaraan roda dua atau motor. Agar tidak menganggu para pejalan kaki. Ada beberapa titik tempat parkir kendaraan roda empat atau mobil di areal dalam yakni dekat kantor pengelola, pusat primata schmutzer, gedung serba guna, gudang pakan ternak, dan sebagainya.

Pengunjung tahun ini juga diperkirakan melonjak dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 830 ribu orang. Dari sisi keamanan pun akan dikerahkan sekitar 1.000 personel dari internal maupun eksternal. Mungkin 850 gabungan polda, polsek, tni, angkatan laut, dan ormas-ormas.

Pemasangan marka penunjuk jalan terhitung mulai hari ini, sudah dipersiapkan di beberapa titik penting. Upaya ini agar memudahkan para pengunjung yang hendak memasuki Taman Margasatwa Ragunan agar tidak terjadi penumpukkan arus. Selain itu, antisipasi lain bilamana terjadi kepadatan akan dilakukan pengalihan satu jalur.

Beberapa marka penunjuk jalan kini belum sepenuhnya di pasang terutama yang terbuat dari besi. Sejauh ini marka yang baru dipampang di areal Taman Margasatwa Ragunan baru yang terbuat dari banner. Harga tiket masuk ke Taman Margasatwa Ragunan dikenakan tarif Rp 4.500 bagi dewasa, sedangkan anak-anak dipungut biaya Rp 3.500.

Jumlah itu sudah termasuk asuransi jika saja terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam kebun binatang yang memiliki sekitar 3.000 koleksi satwa ini. Dengan membayar premi sebesar Rp 500, setiap orangnya akan mendapat asuransi terhadap resiko kecelakaan diri seperti meninggal, cacat tetap, ataupun biaya perawatan. Taman Margasatwa Ragunan terdiri dari kelas mamalia 69 jenis, kelas aves 101 jeis, kelas reptilia 34 jenis, dan kelas pisces 16 jenis.

Jumlah keseluruhan jenis satwa ada 270 species dengan jumlah koleksi berkisar 3.000 ekor satwa (spesimen). Beberapa contoh satwa endemik dan langka yang berhasil dikembang biakan di Taman Margasatwa Ragunan antara lain orang utan, owa jawa, komodo, harimau sumatera, babirusa, dan lain-lain. Jam operasional Taman Margasatwa Ragunan dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB (termasuk hari Senin pada liburan lebaran).

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon