Selasa, 04 Agustus 2015

Indahnya Pasar di Tengah Laut Kota Kupang

Tags


Jangan heran jika di Nusa Tenggara Timur terdapat pasar di tengah laut. Di Pantai Nunsui yang berlokasi sekitar 12 km dari pusat Kota Kupang, terdapat dua pasar ikan yang unik lantaran lokasinya tidak biasa.

Pasar Nunsui berada di tengah laut, para pedagang ikan dengan menggunakan sampan mencegat nelayan yang baru kembali setelah melaut. Setelah proses tawar-menawar terjadi di tengah laut, hasil tangkapan nelayan kemudian dibawa para pengepul ke pasar Oesapa yang berada di pinggir pantai. Dari sini, hasil nelayan dibawa ke pasar Oeba, pasar ikan terbesar di Kupang.

Pasar Oeba terletak di Jalan Alor, Kota Kupang. Berada tepat di pinggir Pantai Pasir Panjang, pasar ini selalu dipenuhi pemandangan para pedagang yang sedang membersihkan ikan. Namun demikian di Pasar Oeba tidak hanya terdapat penjual ikan, penjual sayur dan buah juga ada, bahkan di bagian yang lain juga terdapat pedagang pakaian dan bahan pangan.

Menurut data, 190 ribu dari 4,6 juta penduduk Kupang berprofesi sebagai nelayan. Dengan jumlah tersebut, rata-rata hasil tangkapan ikan nelayan Kupang bisa mencapai 388.000 ton/ tahun. Tak heran jika berkunjung ke Kupang, para wisatawan selalu disajikan berbagai kuliner khas pesisir, salah satunya berpusat di pasar Solor yang terkenal dengan sajian ikan bakarnya.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon