Jumat, 13 Mei 2016

60 Patung ‘Menjaga’ Bendungan Terbesar di Bali

Tags


Sebuah bendungan terbesar di Bali dengan kapasita 12 juta meter kubik memiliki keunikan tersendiri. Bendungan Tatib Ularan yang terletak di Desa Ularan dan Desa Rindikit, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng ini dijaga oleh puluhan patung yang diletakkan di atas waduk. Ada 60 patung yang bisa dijumpai sejak masuk ke akses jalan bendungan. Patung-patung ini diletakkan menyebar di antaranya di bendungan, jembatan akses , rumah dinas dan kantor operasi Bendungan Tilab Ularan. Jumlah terbanyak diletakkan di depan bangunan operasional waduk yang berada di atas bendungan utama. Patung-patung tersebut merupakan patung tokoh pewayangan khas Bali.  Dengan kapasitas 12 juta meter kubik, Waduk Tilab Ularan ini sanggup mengaliri sawah seluas 1.794 ha di sepanjang Sungai Saba, bahkan saat musim kemarau. 

Bendungan ini diresmikan pada tanggal 13 Desember 2015 oleh mantan Presiden RI, Megawati Soekarno Putri. Beliau datang ke lokasi waduk sekitar pukul 12.00 WITA ditemani oleh Menteri PEkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. Proyek ini merupakan salah satu proyek yang terbengkalai pada masa pemerintahannya dulu dan sudah meminta ijin kepada Presiden Joko Widodo untuk terlibat di dalamnya. Waduk yang merupakan waduk kelima yang diresmikan sepanjang 2015 ini dibangun dengan membendung aliran Sungai Saba, Desa Ularan dan Desa Rindikit, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon