Senin, 02 Mei 2016

Apakah Pusat Energi Nuklir Hinkley Point Termahal Di dunia ?

Tags


Ada pertanyaan unik pada suatu media, pertanyaannya begini apakah nama benda termahal di dunia dan apakah benar benda termahal di dunia adalah pusat energy nuklir Hinkley Point di Somerset Inggris ?. Menurut dari keterangan kelompok pegiat Greenpeace bahwa Hingkley akan menjadi benda termahal di dunia karena diperkirakan dalam pembangunan tersebut sekitar Rp.461 triliun. Angka sebesar itu diperkirakan dari pinjaman besert bunganya, jika dihitung dari biaya konstruksinya maka Hinkley diperkirakan mencapai Rp.345 triliun.
Pusat Nuklir Hinkley Point
Bangunan Hinkley rupanya masih termahal dibandingkan dengan biaya bangunan hutan kecil buatan yang berada di negara Dubai yang di dalamnya terdapat Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia yang menelan biaya Rp.19 triliun, juga di Large Hodron Collider di Swiss sebuah proyek alam semesta dengan perkiraan biaya Rp.77 triliun.

Perbandingan dengan bangunan sejarah bangunan Hinkley masih termahal, misalnya bangunan Piramid Giza di Mesir yang menelan biaya Rp.14-17 triliun yang digagas oleh kontraktor Turner Contruction dan menurut perkiraan pembangunan kembali Piramid Giza membutuhkan 600 orang pekerja, padahal pembangunan awal Piramid Giza Kuno mengerahkan 20.000 orang saja.

Kemudian dibandingkan dengan Ka’bah di Mekah yang hampir mendekati mahal dengan bangunan Hinkley yaitu senilai Rp.307 triliun, dimana keluarga kerajaan Arab Saudi yang kini tengah merenovasi Masjidil Haram di Mekah, tidak saja Masjid yang direnovasi juga pembangunan jalan raya dan jalur kereta api. 

Apabila Hinkley akan dibangun, maka proyek tersebut akan menjadi pembangkit energi nuklir termahal di dunia. Tetapi kabarnya bahwa Turki akan membangun empat reaktor dan Afrika Selatan yang sedang melakukan tender untuk pembangunan enam reaktor nuklir. Dan menurutnya harga enam reaktor akan tiga kali lipat harga Hinkley. Walaupun demikian benda-benda yang dibangun di bumi bukanlah yang termahal dibandingkan dengan Stasiun angkasa luar Internasional Space Station dengan menelan biaya Rp.1.1491 triliun dan inilah yang termahal di jagat raya.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon