Kamis, 12 Mei 2016

Berita Penting yang Terabaikan Lantaran April Mop

Tags

Budaya April Mop atau dikenal sebagai April Fools Day sangat melegenda di dunia. Tepatnya setiap tanggal 1 April, orang-orang bebas untuk menipu orang lain sebagai bahan gurauan. Setiap kali berbohong kemudian mengatakan “April Mop” maka perbuatan bohong atau jahilnya dianggap tidak apa-apa. Lelucon yang dibuat pun kadang sampai kelewat batas, seperti berita bencana dan berita duka. Karenanya, banyak orang yang skeptic terhadap berita yang munul pada tanggal 1 April.


1.       Tsunami di Hawai

Gempa dengan kekuatan 7,8 ms yang mengguncang daerah di dekat kepulauan Aleut ini terjadi pada tahun 1946. Terjadi di kedalaman 25 km dari permukaan laut dan disertai tsunami. Selain menyebar ke seluruh lautan pasifik, gempa ini juga meratakan Scotch Cap Lighthouse di Pulau Unimak, Alaska serta menewaskan kelima penjaga percusuarnya. Empat setengah jam kemudian, tsunami mencapai kawasan Kauai dan Hilo yang merupakan Negara bagian Hawai AS. Total korban yang dikabarkan dalam bencana ini mencapai 159 orang. namun karena terjadi di tanggal 1 April, berita penting ini terbaikan alias dianggap lelucon oleh kebanyakan orang.

2.       Kematian Raja Georgios II

Berita penting satu ini menyangkut orang nomor satu di Negara Yunani pada saat itu. Tepatnya tanggal 1 April 1947, Raja Georgios II, Raja Hekenia atau lebih dikenal dengan nama Raja George II menghembuskan nafas terakhir. Sayangnya, kematian raja yang memimpin Yunani sejak 22 September 1922 ini justru dianggap lelucon April Mop oleh rakyatnya. Alhasil, berita ini baru dipercayai setelah tanggal 2 April dan menyisakan penyesalan dan kesedihan yang dalam di hati masyarakat.

3.       Meninggalnya Marvin Gaye

Marvin Gaye adalah seorang musisi kulit hitam terkenal. Namanya pernah menjadi sebuah judul lagu duet yang dinyanyikan oleh Charlie Puth dengan Mehan Trainor. Ia juga pernah mengeluarkan sebuah single hits berjudul ‘Sexial Healing’ dari albumnya yang bertitle Midnight Love. Namun di tengah karirnya yang melejit, ia mengalami petaka yang mengakhiri hidupnya. Tepatnya pada malam tanggal 1 April, Marvin Gaye meregang nyawa akibat letusan timah panas dari pistol berkaliber 38 yang ditembakkan oleh ayahya sendiri setelah keduanya bertengkar. Namun sayangnya, berita tersebut diabaikan publik lantaran terjadi pada tanggal 1 April atau April Mop. 

4.       Kecelakaan Pesawat Alan Kulwicki

Alan Kulwucki merupakan salah satu pemenang dari ajang lomba balapan sirkuit bundar khas Amerika yang mendapat julukan Pangeran dari Polandia. Ia mengawali karirnya dengan tanpa sponsor dan membuktikan dirinya menjadi Rookie of the Year pada tahun 1986, tahun pertama ia menjadi pembalap professional. Piala Poston, piala yang diidam-idamkan Lighting McQueen dalam film Cars adalah bukti pencapaian puncak karirnya yang terjadi pada tahun 1992. Setahun setelahnya, tepatnya pada KAmis, 1 April 1993, pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan usai tampil di Hooters. Kecelakaan ini menewaskan Alan, namun para fansnya tidak percaya karena berita ini tepat pada tanggal 1 April dan menganggapnya April Mop.

5.       Kasus Bunuh Diri Leslie Cheung

Leslie Cheung adalah seorang aktor Hong Kong kelahiran 12 September 1956 yang bernama asli Cheung Kwok-Wing. Ia seorang selebriti yang melejit sekitar tahun 1990an dan menjadikannya selebriti papan atas. Namun, pada tanggal 1 April 1993, ia mengakhiri hidupnya dengan melompat dari lantai 24 Hotel Mandarin Oriental yang terletak di tengah Kota Hongkong. Kabar ini sontak mengagetkan masyarakat dan fansnya dan banyak yang menganggapnya sebagai guyonan April Mop. Sebab ia mengakhiri hidupnya diduga kuat karena tidak mampu menanggung beban mental sebagai penyandang orientasi seks yang menyimpang. Ia diketahui merupakan seorang penyuka sesame jenis dan mempunyai kekasih pria bernama Daffy Tong yang kemudian diwarisinya sebanyak 155 Milyar.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon