Kamis, 05 Mei 2016

Cognitive Behavioral Therapi (CBT) Untuk Mengatasi Gangguan Insomnia

Tags

Baru-baru ini sebuah penelitian ditemukan beberapa terapi guna mengobati insomnia kronis, terapinya adalah memperlakukan si pasien dengan perilaku kognitif caranya berupa pada terapi ini adalah membantu tubuh untuk menemukan siklus tidurnya kembali, tetapi bukan memaksa tubuh tertidur dengan pengaruh obat tidur.

Percobaannya kepada pasien dengan cara lebih mencari banyak waktu tidur pulas dan usaha untuk bisa terlelap, daripada meminum obat tidur. Hal ini dibuktikan oleh lembaga Terapi American College of Physicians yang menjelaskan bahwa metode terapi yang dikenal dengan Cognitive Behavioral Therapi (CBT) sangat efektif dan tidak adanya efek samping seperti halnya pil tidur.  Pengobatan terapi ini mengkombinasikan antara terapi bicara, pendidikan dan intervensi perilaku.
Terapi ini direkomendasikan ditujukan sebagai langkah awal pengobatan pertama, tetapi apabial terapi ini tidak dapat bekerja secara maksimal maka barulah seorang dokter memberikan obat di dalamnya, karena menurut DR. Thomas Tape bahwa resep pil tidur bukanlah hal yang prinsipil atau langkah pertama bagi orang yang mengalami kesulitan tidur, anehnya bahwa banyak dokter belum mengetahui terapi ini.
Hal tersebut dibuktikan di lapangan bahwa dalam mencari tenaga kesehatan yang sangat siap dan terlatif untuk memberikan metode terapi CBT kepada penderita insomnia, tetapi karena belum disosialisasikan maka terapi ini selalu ditolak dalam daftar penggantian biaya kesehatan asuransi. Menurut jurnal ilmiah mengatakan bahwa pil tidur sangat efektif dan digunakan untuk penderita kurang tidur dalam jangka pendek saja, sehigga efek dari pil tidur tersebut tidak lebih dari empat sampai lima minggu belum diteliti secara sempurna.
Pada bidang Food and Drug Administration pada beberapa tahun terakhir ini mengemukakan bahwa dosis yang telah dianjurkan untuk pil tidur bahwa pil tidur tersebut akan berada dalam aliran darah mengendap bisa berlama-lama serta dikatakan dapat mengganggu aktivitas yang memerlukan konsentrasi dan kewaspadaan yang tinggi.


PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon