Kamis, 12 Mei 2016

Foto Veteran Misterius yang Menggugah Emosi

Tags



Sebuah foto bisa menggambarkan keadaan atau suatu peristiwa. Salah satunya adalah foto salah seorang veteran Perang Dunia II ini. Foto dengan tema kehilangan ini tersebar ramai setelah dipotret hampir satu dekade yang lalu. Dalam foto tersebut, tergambar jelas seorang mantan prajurit yang terisak saat mengikuti Parade Perang Dunia II. Tangan kirinya memegang seikat bunga dan sebuah balon. Sedangkan tangan kanannya mengelap air mata. Kesedihan tampak sangat dalam terlihat dari raut wajahnya. Foto ini menyampaikan kesedihan masa lalu seorang prajurit udzur yang menahan tangisnya sendirian saat berjalan dengan dalam acara parade.

Foto karya Alexander Petrosyan ini mendapat jutaan likes di Facebook dan tersebar ke seluruh dunia meskipun identitas kakek tu itu tidak diketahui. Asal muasal foto ini kemudian diinvestigasi dan berhasil dilacak. Lokasi pengambilan foto adalah St. Petersburg, tepanya saat parade perayaan kemenangan Nazi Jerman digelar pada tahun 2007. Banyak foto kemudian menampilkan kakek veteran ini menerima bunga. Fotografernya mengisahkan bahwa kakek tak dikenal tersebut kecewa karena tertinggal di belakang veteran lainnya sehingga tidak bisa mengikuti langkah mereka.

Bagaimanapun, wajah dukanya mengambarkan kepedihan hati yang sangat dalam: kehilangan.Terlepas dari kewarganegaraan kakek tersebut, kepemihakannya, bahkan kalah atau menang yang dialaminya. Juga dari penanda-penanda yang terlihat, seperti medali militer yang tersemat di dada, logo Nike di jaket, dan background bendera yang tergantung di tiang lampu. Seperti lukisan Vincent Van Gogh berjudul Sorrowing Old Man (At Etenity’s Gate), dengan tanpa menggambar title duniawi obyeknya, potret orang tua yang berduka tersebut merupakan sebuah gambaran kesedihan atau kesepian yang dialami oleh semua orang.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon