Minggu, 01 Mei 2016

Hati-hati, Gadget Dapat Mengakibatkan Tiga Cedera Ini

Tags



Gadget merupakan benda yang di masa kini menjadi hal yang tidak dapat ditinggalkan. Hal tersebut dapat kita lihat ketika bangun tidur, apa yang pertama kali kita cek? Selain itu, gadget juga dapat menjadi alat utama dalam menghasilkan uang, sehingga beberapa orang tidak dapat meninggalkan gadget terlalu lama.

Sayangnya, setiap hal memiliki risiko ketika sudah dilakukan berlebihan. Begitu pula dengan pemakaian gadget. Karena ternyata, gadget dapat menyebabkan cedera pada tubuh kita. Berikut cedera-cedera yang mungkin dapat terjadi akibat pemakaian gadget yang berlebihan:

1. Carpal Tunnel Syndrom (CTS)
CTS disebabkan oleh pergerakan ulang seperti naik-turun sehingga dapat membuat otot tendon di pergelangan tangan membengkak. CTS sering dialami oleh pengguna mouse pada PC dan pengendara sepeda motor. Pembengkakan pada otot tendon dapat menekan saraf. Sehingga, aliran darah dapat terhambat dan akan terasa nyeri.

2. Arthritis Ibu Jari
Jika CTS sering dialami para pengguna mouse pada PC, yang satu ini mungkin dialami oleh para pemuda yang gemar membuat pesan singkat (SMS). Arthritis ibu jari terjadi akibat penyempitan tendon yang dapat menyebabkan rasa sakit ketika menekan atau meluruskan ibu jari. Tidak hanya itu, bisa saja ibu jari seakan-akan terkunci dalam keadaan meringkuk.

3. Cubital Tunnel Syndrom (CTS)
Berbeda dengan CTS di poin awal, Cubital Tunnel Syndrom (CTS) menyerang pada siku dan lengan bagian bawah dengan gejala yang sama. Hal ini diakibatkan oleh posisi siku dan lengan bawah yang menjadi tumpuan ketika mengetik. Namun, CTS yang ini, sering ditemukan pada usia lebih dari 30 tahun. Pada kasus CTS yang parah, diperlukan operasi.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon