Senin, 09 Mei 2016

Hati-Hati Meninggalkan Kendaraan Roda Empat Dalam Kondisi Menyala di Singapura

Tags

Apakah anda pernah melancong ke Singapura? Kalau belum berarti harus berhati-hati, bukan karena ada sesuatu yang membahayakan, tetapi karena adanya peraturan dari National Environmental Agency (NEA), yaitu suatu Departeman yang mengurusi masalah lingkungan hidup di negeri Singapura, yang mengumumkan adanya kenaikan hukuman denda yang diperuntukan bagi para pemilik kendaraan roda empat yang meninggalkan kendaraan dalam kondisi menyala (idling vechicle engine) dan aturan ini akan diberlakukan pada 1 Juni 2016.
Kenalpot

Menurut pihak NEA bahwa peraturan tersebut, merupakan komitmen dari pemerintah Singapura guna meningkatkan kualitas udara yang lebih baik, disamping menjaga kesehatan masyarakat Singapura. Sedangkan tentang denda hukuman ini yang naik dikarenakan masih tingginya atau banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik kendaraan. 

Misalnya, sepanjang tahun 2013 s/d 2015 jumlah pelanggaran meningkat dari 3200 pelanggaran tahun 2013 meningkat menjadi 3800 pelanggaran di tahun 2014, kemudian mengalami peningkatan menjadi 5100 pelanggaran di tahun 2015.  Selanjutnya dari data yang telah direkap oleh NEA dalam tiga bulan pertama di tahun 2016 ada sekitar 1489 pemilik kendaraan sudah ditangkap.

Peraturan perundang-undangan perlindungan dan manajemen lingkungan yang ditetapkan di negara Singapura mengatur masalah emisi kendaraan, apabila ada pelanggaran dan ketika mobil keadaan menyala untuk alasan selain kebutuhan lalu lintas, di kenai denda. Dan ini berlaku untuk semua kendaraan pengecualian terhadap taksi, bus, ambulan, angkutan umum dan mobil polisi.

Apabila pengendara ketahuan ketangkap karena melanggar aturan ini maka dikenai denda sekitar 100 dolar Singapura atau Rp.900.000 an, denda ini naik yang sebelumnya hanya 70 dolar Singapura atau sekitar Rp.600.000. Dan apabila tidak bisa membayar denda, maka dendanya akan diperbesar sesuai putusan pengadilan yang mencapai 5000 dolar atau sekitar Rp.48 jutaan. Jadi jangan harap dech, menyalakan mobil berhenti.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon