Selasa, 31 Mei 2016

Made Snana dari India, Ritual ‘Kasta’ yang Menjijikkan

Tags


India adalah salah satu Negara yang masih menggunakan kasta sebagai status masyarakatnya, terutama daerah pedalaman. Kasta tertinggi disebut kasta brahmana dimana mereka sangat diagungkan setara nabi. Sedangkan kasta dalit adalah kasta terendah dimana mereka sangat direndahkan setara budak. Keyakinan seperti ini membuat kesetaraan hak asasi dan harga diri menjadi terabaikan. Salah satu ritual yang menjijikkan adalah Made Snana. Made Snana adalah sebuah ritual dimana kaum kasta berguling-guling di air ludah kaum brahmana. 

Kaum dalit tidak lagi mengenal rasa jijik dan kotor, bahkan berbagai penyakit yang mungkin bisa menjangkit mereka. Alasan kaum dalit melakukan ritual ini adalah karena kepercayaan. Mereka percaya jika berguling-guling di bekas ludah kasta brahmana akan memberi keberkahan keada mereka dan bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Tradisi ini sudah ada sejak 4000 tahun silam dan biasa dilakukan setiap tahunnya di sebuah kuil di India yakni kuil Kukke Subramaya.

Ritual yang dilakukan di pesisir Mangalore pada perayaan Festival Champa Shasti atau Subramanya Shasti ini diikuti sebanyak 5000 orang yang akan berguling di atas ludah para brahmana saat perayaan. Meskipun pemerintah menegur tindakan ini, namun kepercayaan terhadap mitos pada ritual Made Snana sangatlah kuat.  Menteri Kesejahteraan Sosial India, A. Narayanaswamy, mengatakan bahwa Made Snana adalah praktek yang menjijikkan dan tidak masuk akal, terlepas dari siapapun yang melakukannya.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon