Senin, 02 Mei 2016

Manfaat Tanaman Eceng Gondok

Tags

Tanaman Eceng Gondok atau nama kerenya Eichornia Crassipes merupkan sejenis tanaman gulma air yang tumbuh subur di area pesawahan, dikenal sebagai tanaman penggangu. Kadang juga tanaman jenis ini muncul di sungai-sungai yang mengakibatkan menurunya jumlah cahaya matahari yang masuk ke dalam perairan sekaligus menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen pada perairan tersebut.


Tanaman yang berasal dari negara Brasil, sekitar tahun 1894 didatangkan dari Kebon Raya Bogor, diambilnya tanaman tersebut karena mempunyai warna yang ungu serta pernah menjadi tanaman penghias kolam di danau buatan di area tersebut.

Ternyata di balik efek negatifnya,  tanaman gulma seperti eceng gondok ini mempunyai manfaat yang sangat baik diantaranya adalah:
-    Sebagai bahan kerajinan tangan, contohnya di daerah Kabupaten Bantul Yogyakarta, bahwa eceng gondok ini sebagai salah satu kerajinan tangan untuk bahan pembuatan sandal, pigura, tas dan lain-lain sehingga mempunyai nilai ekeonomi yang cukup prospek.
-   Sebagai bahan pembuatan pupuk organik eceng gondok. Pembuatan bahan pupuk dengan menambahkan decomposer, dedak halus, eceng gondok setelah ketiganya dicampur kemudian ditutup dengan terpal plastik selama empat hari, setelah suhu mencapai 50 derajat yang menandakan proses fermentasi, setelah terjadi fermentasi maka dapat digunakan untuk pupuk buatan.
-    Mengandung bahan zat yang baik bagi tubuh.  Zat vitamin yang terdapat pada eceng gondok seperti vitamin A, B1 dan C.





PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon