Kamis, 05 Mei 2016

Menjelang Bulan Puasa, Waspadai Peredaran Modus Uang Palsu

Tags

Waspadai peredaran dengan adanya uang palsu, dimana di beberapa daerah uang palsu tersebut sudah dipasarkan oleh para oknum yang tidak bertanggungjawab. Seperti telah dibongkarnya sindikat pengedar uang palsu, bermula dari laporan warga masyarakat yang terkadang menerima uang palsu terutama para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Malang yang mengaku kerap kali mendapatkan uang palsu disaat mereka bertransaksi.

Seperti diberitakan bahwa pengakuan tersangka untuk mendapatkan uang palsu dengan sistem tukar uang asli kepada korban, sistem tukar menukar inilah sebagai modus baru oleh oknum pengedar. Dengan sistem perbandingan 1 uang asli ditukar dengan 3 uang palsu, misalnya apabila Rp. 1.000.000,- akan mendapatkan uang palsu Rp.3.000.000,- kata AKP Adam Purbantoro Kasat Reskrim Polres Malang.

Beliau mengemukakan bahwa meminta masyarakat untuk mewaspadai serta selektif mungkin saat bertransaksi. Seperti diketahui bersama bahwa saat akan menjelang lebaran atau puasa, peredaran uang palsu biasanya akan muncul secara tiba-tiba. Disamping itu para oknum yang mengedarkan uang palsu memanfaatkan kondisi perputarana uang yang tinggi, terutama di tempat perputaran ekonomi berlangsung seperti pasar-pasar tradisional. 

Dengan adanya peredaran uang palsu yang memasuki Kota Malang, pihak kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap tersangka yang berinisal W disangkanya sebagai otak produsen uang palsu dan diketahui sebagai orang yang tinggal di Jakarta. 
Hingga saat ini kelima tersangka yang mengedarkan uang palsu tersebut telah diamankan dan mendekam di sel tahanan Polres stempat  guna mempertanggungjawabkan perbuatanya, mereka semua di jerat Pasal 36 ayat 2-3 juncto Pasal 26 ayat 2-3 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengeai mata uang, dan tersangkat diancam kurungan penjara selam 7 sampai 15 tahun  penjara.

Untuk bagi masyarakat di Indonesia terutama di pasar tradisional harus lebih mewaspadai dengan adanya modus uang palsu tersebut, apalagi beberapa bulan kita umat muslim akan menghadapi bulan puasa.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon