Senin, 30 Mei 2016

Musim Haji Tahun 2016, Iran Melarangnya Warganya Untuk Pergi Haji

Tags

Kabarnya Iran menuding negara Arab Saudi yang telah menghalangi kedatangan jemaah haji dari Iran ke Mekkah dalam musim haji tahun 2016 ini, tetapi kemudian Riyadh membantahnya.  Tuduhan Arab Saudi terhadap Iran yaitu telah merampas haknya warganya dari kewajiban agama dengan menolak menandatangani nota kesepakatan setelah pembicaraan dengan pihak Iran. 

Hubungan kedua negara (Wahabi dan Syiah) ini telah memburuk sejak, musibah pada pelaksanaan haji tahun lalu, kemudian Riyadhpun telah memutuskan hubungan diplomatik, saat kedutaanya di Iran diserbu oleh massa anti Arab Saudi pada bulan Januari lalu, setelah pihak Riyadh menghukum mati seorang ulama Syiah Nimr Al-Nimr.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir mengatakan bahwa permintaan Iran untuk mengatur jemaahnya sendiri sebagai hal yang tidak masuk akal. Iran menuntut haknya untuk menyelenggarakan demonstrasi dan mendapatkan keistimewaan yang menyebabkan kericuhan, kekacauan selama ibadah musim haji.

Sedangkan menurut Menteri Kebudayaan Iran, Ali Jannati menyebutkan bahwa perundingan dengan Riyadh tidak menghasilkan apapun karena adanya halangan dari Arab Saudi, dan jemaah Iran sangat disayngkan tidak dapat mengambil bagian dari ibadah haji tersebut, pada bulan Juni tahun ini. Dalam ibadah haji tahun lalu, bahwa keduanya (Iran dan Arab Saudi) lebih bersitegang yang kaitannya dengan meninggalknya ratusan warga Iran dalam peristiwa saling dorong mendorong di Mina.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon