Kamis, 05 Mei 2016

Polisi Menyelidiki Dugaan Korupsi Wakil Rektor II IAIN Imam Bonjol Padang

Tags

Kabar masih dari Sumatera, baru saja kemarin seorang Dosen dibunuh oleh mahasiswanya dan motifnya masih diselidiki oleh pihak kepolisian setempat. Dan berita yang masih hangat tetapi kasusnya berbeda mengenai ulah dari Wakil Rektor II IAIN Imam Bonjol yang berinisial ‘S’ yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Korupsi pengadaan tanah untuk rencana pembangunan Kampus II Imam Bonjol di Sungai Bangek Kecamatan Koto Tengah, Padang Sumatera Barat.

Menurut sumber bahwa telah mengantongi tersangka atas inisial S dan E, dan untuk sementara ini masih dua orang, kemungkinan akan bertambah dan masih diselidiki selanjutnya.  Kedunya terjerat pada Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Lanjutnya, bahwa untuk perhitungan sementara, negara mengalami kerugian oleh ulah kedua tersangka yang mencapai angka Rp.14 Milyar. 

Sementara itu, seorang Asisten Pidana Kasus Kejaksanaan Tinggi Sumatera Barat, mengemukakanb ahwa dalam kasus ini penyidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap 14 orang saksi. Beliau menyebutkan bahwa tersangka S mempunyai peran sebagai penanggungjawab aktivitas dalam proyek pengadaan tanah untuk Kampus III IAIN Imam Bonjol tersebut. 

Sedangkan menurut Kepala BIRAU Akademik IAIN Imam Bonjol mengetakan bahwa proyek penyediaan tanah untuk Kampus III IAIN tersebut berlangsung sejak tahun 2010 dan 2012, dan disebutkan bahwa ketua proyek pengadaan tanah adalah yang berinisial S. Dia mengaku bahwa telah mendengar tentang penetapan yang ada hubungannya sebagai tersangka dalam kasus ini.

Posisinya pada waktu itu sebagai Wakil Rektor II, kalau yang disebut dengan nama itu (S), dalam proyek disebutkan sebagai ketua pengadaan. Hingga saat Ia (Kepala BIRAU Akademik IAIN Imam Bonjol) tidak mengetahui secara rinci kerugian negara akibat oleh S tersebut, namun ia menyebutkan bahwa selama ini yang menjadi masalah adalah 10 persen dari total 60 hektar lebih belum diterbitkan sertifikatnya atau belum keluar dari BPN setempat.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon