Selasa, 24 Mei 2016

Produk Domestik Bruto Kurang Begitu Menyenangkan, Jokowi Kecewa degan Menterinya

Tags

Sepertinya Presiden RI sangat kecewa dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya mencapai 4.92 persen saja di triwulan I 2016 ini,  ia sangat kecewa dengan kinerja menteri-menterinya yang tidak mengindahkan apa yang diperintahkan olehnya, terkhusus tentang penyerapan anggaran pembangunan.
Ilustrasi PDB Semakin Menurun
Produk domestik bruto (PDB) atau output aktivitas ekonomi Indonesia selama triwulan I 2016 yang dilansir dari BPS hanya diperoleh angka Rp.2.947 triliun, sangat jauh berbeda dengan PDB triwulan IV tahun 2015 lalu yang mencapai Rp. 2.945 triliun bahkan katanya lebih rendah dari triwulan III tahun 2015 sebesar Rp. 2.998 triliun.

Selama kurun beberapa waktu, Jokowi sudah melakukan keliling daerah untuk meresmikan proyek-proyek infrastruktur, bahkan beliau juga mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang hingga sekarang sudah mencapai jilid ke 12.  Tujuan paket ini adalah memberikan kebijakan untuk terdoronganya investasi, meningkatkan daya beli masyarakat, memperbaiki daya saing. Jokowi memberikan tausiah dan menyerukan betapa pentingnya deregulasi untuk meng-delete ribuan aturan yang selama ini menghabmat laju investasi.

Contohny seperti proses perizinan usaha yang disederhanakan serta dipermudah dalam kepengurusan, tidak lagi berhari-hari namun cukup satu hari saja pengurusan izin selesai dan izin keluar.. disisi lain Jokowi juga telah gembar gembor kepada para pembantunya untuk melakukan pelelangan pengadaan barang dan jasa lebih awal. Agar awal tahun kemudian diharapkan segala aktivitas ekonomi bisa berjalan dengan baik.

Tetapi apa daya, PDB yang berbentuk belanja pemerintah selama triwulan I 2016 belum stabil tetapi lebih besar dari triwulan tahun lalu. Walau peningkatan belum signifikan untuk mendorong laju perekonomian, sedangkan pendoronga ekonomi lainya yaitu investasi dan ekspor masih terlalu rendah, tidak ada peningkatan yang signifikan karena hanya didorong oleh pertumbuhan penduduk semata, dan bukan karena adanya daya beli yang meningkat. Simpulnya bahwa perekonomian sekarang ini sedang darurat.


PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon