Senin, 02 Mei 2016

Proses Mengurus STNK dinilai Tidak Efisien, Kritikan Presiden Republik Indonesia

Tags

Menurut beberapa sumber bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah melontarkan kritikan terhadap pelayanan tentang pengurusan surat tanda nomor kendaraan yang dinilai kurang efisien, Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga mengungkapkan bahwa Presiden telah menemukan bahwa untuk mengurus STNK saja, seseorang harus melewati tiga loket sekaligus.
Dan tiga loket tersebut adalah satu loket untuk Samsat, satu loket untuk Jasa Raharja dan satu loket lagi untuk Pemda, padahal hal seperti itu tidak boleh terjadi, menurutnya saat mengikuti rapat terbatas bersama Presiden mengenai peningkatan dalam rangkat pelayanan publik yang bertempat di Kantor Presiden kamis lalu.
Menurut Pramono, harapan dari Presiden adalah dalam mengurus STNK hanya dilakukan oleh satu loket saja. Di dalam loket itulah sebaiknya pemerintah harus menyatukan elemen-elemen di dalamnya seperti lembaga terkait agar dalam memproses STNK lebih cepat dan akurat.
Sepertinya masih banyak pelayanan yang harus diselesaikan secara cepat dalam prosesnya, tidak saja dalam pengurusan STNK, Pramono juga mengharapkan agar Kementerian atau lembaga yang lain yang mempunyai pelayanan publik sebaiknya membuka jalur online yang saat ini sudah marak.  Dengan adanya online ini maka semua pelayanan publik dapat diselesaikan dengan baik dan tidak berlarut-larut.

Keinginan Presiden yang lain adalah pelayanan publik harus ditingkatkan, masyarakat tidak ingin mengeluh masalah pelayanan publik yang lemot, berbelit-belit dan terkadang adanya pungutan liar (pungli) yang semakin membudaya. Seperti yang sudah-sudah, Presiden juga tidak ingin mendengar keluhan dari rakyat tentang pelayanan publik yang kadang dioper-oper tidak jelas kapan selesainya serta biayanya. Melihat kondisi di lapangan seperti ini, kabarnya Presiden akan membentuk tim khusus guna memantau situasi pelayanan publik mencakup pengurusan masalah KTP elektronik, STNK, SIM, BPKB, Akte Lahir, Izin usaha, Akta Nikah hingga paspor.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon