Kamis, 12 Mei 2016

Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama di London

Tags




Sebuah kisah inspiratif datang dari London, seorang wali kota muslim pertama di London bernama Sadiq Khan. Sadiq Khan merupakan perwakilan dari Partai Buruh dalam ajang pemilihan wali kota London yang kemudian terpilih.  Khan adalah seorang keturunan Pakistan yang lahir di London pada tahun 1970 dan dibesarkan di rumah susun dengan enam kakan dan adik perepmpuannya di Tooting, daerah London Selatan.


Ia lahir dari ibu seorang penjahit dan ayah seorang supir bus. London kemudian membuatnya berkembang dengan bergabung dengan Partai Buruh pada usia 15 tahun. Ia kemudian ditunjuk sebagai anggota majelis di daerha yang dikuasai Partai Konservatif di London, Wandsworth pada 1994. Karirnya terus memuncak seiring komitmennya di dalam politik dapat dilihat nyata oleh warga
Hasil pemungutan suara pada Kamis (05/05) memerikan hasil yang berbeda tipis antara dirinya dengan saingannya. 

Ia meraih suara sebanyak 56,8% sedangkan saingan terdekatnya meraih suara sebanyak 43,2%, dengan tingkat partisipasi dari jumlah pemilih sebanyak 45,3%. Meski ia pernah diisukan memiliki kaitan dengan ekstremisme, namun hal itu tidak mempengaruhi keunggulan suara dari Zac Goldsmith yang juga menuduhnya terkait dengan terorisme. Pada tahun 2008, Perdana Menteri saat itu, Gordon Brown, mengangkatnya menjadi menteri komunitas untuk kemudian menjadi menteri transportasi. Saat itu ia menjadi menteri muslim pertama yang menghadiri sidang kabinet. Kontribusinya tidak hanya pada kota kelahirannya, tapi juga agama Islam yang akhir-akhir ini sering diisukan tidak baik.


PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon