Kamis, 12 Mei 2016

Tips Kesehatan Unik Ini Perlu Dicoba

Tags

1.       Minum kopi agar tidur siang lebih nyenyak

Tubuh manusia memerlukan kafein yang cukup. Berdasar pada sebuah penelitian di Jepang, orang yang mengonsumsi 200 mg kafein (1-2 cangkir kopi) kemudian beristirahat selama 20 menit akan memiliki performa lebih baik. Hal ini disebabkan, di akhir 20 menit istirahat tersebut, kafein bereaksi membersihkan otak dari molekul bernama adenosin. Kelelahan adalah salah satu akibat dari tingakt adenosin yang tinggi. Ketika istirahat dikombinasikan dengan kafein, kadar adenosin akan menurun sehingga menghasilkan kualitas tidur yang baik.

2.       Jangan menyikat gigi setelah makan

Menyikat gigi secara langsung setelah mengonsumsi makanan dapat mempercepat pengikisan pada enamel gigi. Terutama setelah mengonsumsi makanan asam seperti jeruk, tomat, dan soda. Howard R. Gamble, mantan president dari Academy of General Dentistry  menyarankan untuk menunggu selama 30 sampai 60 menit sebelum menyikat gigi.

3.       Makan banyak agar dapat makan sedikit

Amy Goodson, RD, dari Texaz Health Ben Hogan Sports Medicine menyarankan makanan yang mengandung protein tinggi seperti selai kacang, atau keju dengan apel. Makanan seperti ini memiliki kadar protein dan kalori yang lebih tinggi sehingga dapat mengenyangkan lebih lama. Hal ini lebih menguntungkan daripada mongonsumsi  makanan dengan kadar 100 kalori seperti kue. Mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah sedikit hanya akan meningkatkan gula darah dan menimbulkan lapar.

4.       Jangan mengonsumsi minuman berenergi saat lelah

Konsumsi kafein yang berlebih akan menimbulkan rasa tidak nyaman dala diri, gelisah dan berdebar-debar. Kadar kafein tinggi contohnya terdapat pada minuman berenergi yang mengandung kafein 5 kali lebih banyak dibanding kopi biasa. Selain mengandung kadar taurin yang tinggi, rasa manis berlebihan akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan dapat menyebabkan lemas dan lesu setelah meminumnya.

5.       Berolahraga saat lelah

Seringkali orang-orang melepaskan penat dan lelah setelah seharian bekerja dengan merebahkan diri di atas kasur. Namun, penelitian yang dipublikasikan di Medical and Science in Sports and Exercise menyebutkan bahwa rasa lelah yang dibarengi dengan depresi dapat dikurangi dengan berolahraga. Olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit sebelum beristirahat, selain dapat mengurangi depresi, juga dapat memperbaiki mood.

6.       Gunakan tulisan tangan untuk meningkatkan daya ingat

Perkembangan teknologi, khususnya gadget memang membuat pekerjaan menjadi lebih ringan, misalnya dalam hal catat-mencatat. Berbeda dengan tulisan tangan yang sekarang jarang digunakan. Namun sebuah penelitian penunjukkan bahwa catatan tulisan tangan lebih memudahkan penulisnya untuk mengigat apa yang dicatatnya.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon