Rabu, 01 Juni 2016

Jatuh Dalam Tidur Ternyata Ada Penjelasannya

Tags




Apakah anda pernah merasa saat akan tertidur lelap lalu badan anda merasa jatuh? Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan sensasi demikian dan mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Namun, ternyata hal ini ada penjelasannya secara ilmiah, seperti yang dilansir dalam laman Brightside.me, kamis (26/05/2016).

Sensasi yang kebenyakan orang telah mengalaminya di gambarkan sebagai perasaan terjatuh tiba-tiba, terhempas ataupun tersandung dalam ke kosongan. Beberapa orang mungkin tidak akan terlalu menanggapi hal tersebut dan melanjutkan tidurnya, namun sebagian besar orang akan bangun dengan perasaan takut dan jantung berdegup kencang.

Sebagian mengaitkan hal ini dengan mitos bahwa jiwa seseorang kemudian meninggalkan tubuhnya atau jiwa tersebut sudah dikuasai sebuah  kekuatan jahat. Ternyata tidak demikian.
Ketika kita tidur, kita melalui beberapa fase tidur. Masing-masing terdirir dari empat tahap yang berbeda. Sensasi jatuh ke bawah tejadi pada fase tidur pertama yang disebut sebagai NREM. Disebutkan beberapa teori mengapa hal ini kemudian terjadi. Salah satunya ketika otot-otot rileks saat akan tertidur, otak terkadang bingung dan berpikir bahwa tubuh sedang terjatuh. Akibatnya, otot-otot bereaksi tegang, membuat tubuh kaget kemudian terbangun sebelum tertidur lelap.

Ilmuwan lain percaya hal ini adalah sebuah refleks bahwa manusia berkembang selama proses revolusi untuk mencegah mereka jatuh dari pohon di mana mereka pernah tidur.
Ini merupakan satu hal yang umum. Kadang-kadang tubuh merasa seolah ada sensasi seperti kejutan listrik saat kemudian tubuh terbangun. Hal ini disebabkan karena tubuh sudah melewati ketegangan seharian maupun kelelahan, kebiasaan tidur tidak teratur atau menderita kecemasan.

Fenomena fisiologis demikian diperkirakan mempengaruhi 7 dari 10 orang dalam beberapa titik dalam kehidupan mereka. hal ini bisa saja terkali sekali maupun berulang kali. Jika tubuh Anda mengalaminya sering, disarankan untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter, meski seringnya hal ini tidak memiliki konsekuensi yang berbahaya untuk kesehatan. Fenomena ini juga bukan merupakan penyakit atau kondisi medis berbahaya. Tidak perlu khawatir jika Anda mengalaminya, cukup tarik nafas dalam rilekskan badan Anda sebelum kembali tidur.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon