Minggu, 05 Juni 2016

Karena Apakah Harga-harga Sembako Naik Saat Ramadhan Tiba ?

Tags



Ada kondisi unik dan menarik yang perlu disimak, pada perekonomian di negara yang bermayoritas agama Islam ini, setiap menjelang Ramadhan yang terjadi adalah kenaikan kebutuhan pokok yang naik berlipat ganda dibanding hari-hari biasa. Anggapan mereka yang sampai saat ini keliru tentang Ramadhan. 

Mereka melihat tentang apa yang mereka (umat Islam) konsumsi, biasanya di luar Ramadhan mereka mengkonsumsi 3 x sehari, maka ketika puasa tiba mereka mengkonsumsi hanya dua kali sehari yaitu saat sahur dan buka puasa. Logika mereka para pedagang dengan mengkonsumsinya yang berkurang maka barang dagangan yang mereka jual menjadi menurun, tetapi nyatanya tidak demikian malahan harga kebutuhan menjadi naik. Tetapi walau kondisi demikian, para pedagang tetap diuntungkan, artinya penjual bisa membelinya. Tidak saja umat muslim dan non-muslimpun kecepretan keberkahan bulan Ramadhan ini.

Sehingga dengan adanya perubahan harga kebutuhan pokok ini, yang tiap-tiap tahun (ajeg) membuat pemerintah kalang kabut untuk mencari solusi yang terbaik, kebingunan itulah hingga akhirnya pemerintah melakukan import tujuanya untuk menstabilkan kebutuhan pokok dalam negeri, dan solusi ini menjadi bertolak belakang dengan visi pemerintah dengan swasembada pangannya.

Tapi pada intinya kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan yang setiap tahunnya sering terjadi, bukan karena serta merta, karena:
  •      Konsumen mengurangi mengkonsumsi makanan setiap hari hari (biasanya di hari-hari biasa mengkonsumsi 3 kali sehari, yang kini hanya 2 kali sehari Sahur dan buka puasa).
  •       Pelaku ekonomi (pedangang, distributor dan lain-lain) ketakutan tidak laku.


PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon