Senin, 06 Juni 2016

Penetapan 1 Ramadhan 1437 Hijriah atau Senin 6 Juni 2016

Tags

Pemerintah telah resmi menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada hari Senin besok atau hari ini tanggal 6 Juni 2016 sehingga sholat tarawih bisa dilakukan semalam (malam Senin) serentak di seluruh Indonesia.  Penetapan ini berdasarkan sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin di Kantor Kementerian Agama Jakarta.

Secara aklamasi dan sepakat dan disepakati bersama mengenai puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriah, Menurutnya bahwa kesepakan sidang Isbat ini dibuat berdasarkan dua hal yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas yang tersumpah di lapangan yang telah melihat hilal.

Menurutnya bahwa dari sisi hisab, posisinya hilal sudah diketahui dan berada di antara 2 hingga 4 derajat, sedangkan pemantauan hilal dengan metode rukyat dilakukan di titik 93 di seluruh wilayah Tanah Air. Setidaknya ada enam wilayah yang melaporkan kepada peserta sidang Isbat mengenai terlihat hilal, keenam wilayah tersebut yaitu Belu Nusa Tenggara Timur, Gresik Jawa Timur, Bangkalan Jawa Timur, Jombang Jawa Timur, Kebupen Jawa Tengah dan Bojonegoro Jawa Timur,

Dengan demikian, umat Islam di Indonesia akan memulai ibadah puasa mulai besok. Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Berpuasa bagi yang melaksanakannya.


PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon