Senin, 06 Juni 2016

Tradisi Meugang Atau Makan Daging Sehari Sebelum Ramadhan di Aceh Barat

Tags

Setiap daerah dalam menyambut Ramadhan mempunyai aneke tradisi, untuk yang satu ini berbeda dengan daerah lain, kalau di Gunung Kidul ada Padusan di Pantai Baron, tetapi di Aceh Barat tepatnya di Meulaboh memiliki tradisi yang berbeda dinamakan Meugang atau makan daging sehari sebelum datangnya puasa.  Tradisi ini sudah lama terjadi dan turun menurun dan setiap tahun saat menjelang Ramadhan. 

Sehari sebelum puasa atau bulan Ramadhan tiba, warga dan berbagai kalangan berbondong-bondong menuju ke pantai hanya memenuhi tradisi saja seperti makan daging ramai-ramai bersama keluarga dalam tradisi Meugang. Kenapa harus ke pantai, karena bagi mereka disamping melihat keindahan pantai mereka bisa bersilaturohim dalam satu  keluarga. 

Menurut salah satu warga, bahwa bekal makanan yang nantinya akan dimakan bersama-sama asalnya dari rumah masing-masing yang sebelumnya dipersiapkan. Setelah disiapkan dengan lengkapnya, maka disantaplah daging tersebut di bawah pohon besar dengan beralasan tikar. Bahkan menurut mitos bahwa ada sebagai warga belum puas menyantap daging di pantai sebelum menunaikan ibadah puasa. 

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon