Senin, 06 Juni 2016

Tradisi Unik Padusan di Pantai Baron Gunungkidul Menjelang Ramadhan

Tags


Setiap daerah dalam menyambut Ramadhan memiliki berbagai macam tradisi, salah satunya adalah tradisi Padusan di Pancuran buatan yang sengaja dibuat dengan ukuran besar. Tradisi ini hanya ada saat berkunjung di Pantai Baron wilayah Gunung Kidul.

Tradisi ini telah ada sejak lama atau turun-menurun, dan pancuran ini terpasang di sepanjang Pantai Baron dan atas inisiatif dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul yang bekerjasama dengan paguyuban nelayan dan pedagang di area tersebut.

Sejak Minggu kemarin dan siang hari, para wisatawan lokal ataupun manca sudah memadati pantai selatan Gunungkidul, dan Pantai Baron merupakan salah satu tujuan utama dalam rangka tradisi Pedusan tersebut. Menurut Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul, pancuran yang terpasang tersebut memang untuk memfasilitasi wisatawan dan masyarakat yang ingin secara sukarela melaksanakan tradisi Padusan.

Profil pancuran besar yang terbuat dari pipa paralon berukuran sangat besar yang dilubangi serta dipasang tepat di sepanjang Pantai Baron, panjangnya 28 meter, serta tingginya 2 meteran sehingga dapat digunakan untuk Padusan.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon