Senin, 06 Juni 2016

Tutup di Bulan Ramadhan itulah Tradisi Unik Rumah Makan Padang

Tags


Rumah Makan Padang adalah sebutkan yang khas dan tersohor untuk rumah makan khas Minang di perantauan, uniknya bahwa selama bulan Ramadhan ini terbiasa menutup warungnya setengah atau selama bulan Ramadhan. Dan rumah makan Padang yang konsisten menjalankan tradisi ini adalah RM Surya Bendungan Hilir. Karena selama bulan puasa yang dimulai tanggal 1 Ramadhan hingga 2 Syawal, rumah makan tersebut tutup total.

Menurut pemilik dari Rumah Makan Padang Surya ini bahwa kebiasaan masyarakat Padang di bulan Ramadhan tersebut dibawa ke perantauan. Dia menceritakan bahwa di daerah asalnya yaitu Padang memang sangat sulit sekali untuk menemukan tempat makan jika tidak puasa, karena tradisi Minang sangat menjunjung tinggi bulan Ramadhan karena di sana Islamnya sangat kuat. Kata dia lagi bahwa tidak semuanya tutup total ada yang buka menjelang azan maghrib dan pembeli tidak bisa makan di warung dan harus dibawa pulang.
Bagaimanakah dengan karyawanya karena selama satu bulan libur?

Menurutnya bahwa karyawan RM Padang Surya dianjurkan setiap bulannya untuk menabung, tidak jarang dia mengingatkan untuk menabung sembari memberi gaji, bahkan membantu memisahkan untuk ditabung karyawannya. Meski mendapatkan libur panjang selama satu bulan, rumah makan Padang yang berdiri sejak tahun 1964 ini menerapkan disiplin yang tinggi saat waktunya untuk masuk,  karyawannya diwajibkan untuk berkumpul pada Lebaran kedua sekaligus bersilaturohim dan bersiap-siap untuk besoknya.  

Ada kriteria yang wajib ditaati, bahwa bagi karyawan yang tidak masuk pada hari yang ditentukan tanpa adanya kabar, dianggap mengundurkan diri dan berhak diganti. Jadi tunggu lebaran nanti, bila anda ingin berbuka puasa di RM Surya.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon