Senin, 04 Juli 2016

Tradisi Lebaran di Beberapa Negara

Tags

http://travelingyuk.com/tradisi-lebaran-di-luar-negeri/ - Ketika bulan Ramadhan telah usai, umat muslim diseluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri, tak terkecuali di Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk mulim terbanyak di dunia sampai di negara-negara dengan penduduk muslim yang minoritas. jika di Indonesia lebaran identik dengan tradsi ketupat, dan mengunjungi sanak saudara dan berkumpul bersama. Lalu, bagaimana tradisi lebaran di beberapa negara lainnya ya? mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Tradisi Lebaran di Turki

Hampir sama dengan tradisi yang dilakukan di Indonesia, di hari pertama akan biasanya melakukan kegiatan silaturrahim, mengunjungi sanak saudara atau berkunjung ke rumah sanak saudara yang lebih tua untuk saling bermaaf-maafan. Hanya saja jika di Indonesia kita akan menyajikan makanan khas lebaran seperti ketupat atau opor yang identik dengan rasa gurih maka di Turki suguhan khas yang sudah menjadi tradisi adalah makanan manis seperti permen, coklat, roti manis dan masih banyak yang lain. Sehingga Syeker Bayrami disebut juga festival gula yang serba manis. Syeker Bayerami sendiri adalah tradisi yang dilaksanakan pada saat lebaran yang sudah dilakukan secara turun temurun sejak abad ke -18 silam. Dalam bahasa Turki Bayrami artinya adaah hari libur nasional dan Syeker adalah manisan.

2. Tradisi Lebaran di Malaysia 
Selain bertetangga, jarak yang dekat, dan negara yang masih satru rumpun. Malaysia memiliki tradisi lebaran yang hampir mirip dengan Inonesia, dimana Tradisi lebaran di Negeri Jiran ini diawali dengan kegiatan mudik yang dilakukan seminggu sebelum lebaran yang dikenal dengan “Balik Kampung” yaitu warga yang tinggal di kota-kota besar akan pulang ke kampung halamannya masing-masing. Makanan yang disuguhkan ketika hari lebaran pun hampir sama dengan makanan khas yang dihidangkan saat tradisi lebaran di Indoensia umat muslim di Malaysia akan memasak aneka kuliner seperti ketupat, rendang, lemang dan aneka macam kue kering sebagai suguhan. Namun, ada dua hal unik yang membedakan tradisi lebaran umat muslim Malaysia dari negara-negara lainnya, yakni di yang pertama, jika di Indoensia umat muslim yang merayakan hari lebaran dengan mengenakan pakaian baru, namun di umat muslim Malaysia akan mengenakan pakaian tradisional yaitu Baju Melayu untuk pria dan Baju Kuning untuk wanita. Perbedaan lainnya, setelah salat Ied semua warga akan melakukan open house di mana siapa saja boleh berkunjung termasuk mereka yang non-muslim.

 3. Tradisi Lebaran di India
Lain halnya dengan tradisi lebaran di India, setelah melaksanakan shalat Idul Fitri warga mulim India akan langsung berkumpul di satu rumah bersama sanak saudara lalu bermaaf-maafan dilanjutkan dengan tradisi tukar kado. Kebiasaan ini sudah dilakukan warga muslim India secara turun-temurun ketika lebaran berangsung. Namun, dibalik tradisi yang berbeda itu, ada beberapa persamaan kegiatan yang dilakukan sama degan negara-negara lainnya. Yaitu, tradisi makan bersama dan pemberian angpao dari anggota keluarga yang sudah dewasa kepada anggota keluarga yang masih anak-anak.

4. Tradisi Lebaran di Afrika
Sama halnya dengan negara-negara lain, Afrika juga punya tradisi perayaan lebaran dengan cara yang berbeda, tidak seperti di Indonesia atau negara-negara lainnya dimana semua orang akan mengenakan pakaian baru dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, di Afrika hanya anak-anak saja yang akan mengenakan pakaian baru ketika hari raya. Tradisi lainnya adalah bersilaturrahim ke sanak saudara, makanan khas yang dihidangkan adalah vermicelli, semacam bihun. Kegiatan memberi angpao atau bertukar kado juga dapat ditemukan di sana.

5. Tradisi Lebaran di China 
Selain merupakan negara yang penduduk muslimnya masih minoritas, karena umat Muslim di China memiliki budaya yang kuat, maka terjadilah akulturasi. hal ini terlihat dari beberapa perayaan hari besar Islam lainnya. China juga memiliki tradisi berlebaran dengan cara yang unik, yaitu mereka akan melakukan shalat Idul Fitri di sebuah area yang luas, setelah shalat selesai dilakukan mereka melakukan makan bersama, bernyanyi bersama dan menari bersama. Mereka juga melakukan tradisi khusus yaitu mengenang penduduk muslim yang hidup pada masa Dinasti Qing. 

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon