Minggu, 14 Agustus 2016

Desain Baru Uang Rupiah

Tags



       Kembali Bank Indonesia akan mengeluarkan desain baru untuk uang kertas dan uang koin Rupiah. Berbeda degan desain sebelumnya, dalam desain baru ini akan bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

       Ronald Waas yang menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia mengatakan, selain menggunakan NKRI, desain uang masih akan menggunakan gambar pahlawan daerah. Pahlawan yang akan dipilih akan dikoordinasikan dengan Kementrian Sosial (Kemensos).
       “Sebelumnya frasanya Indonesia diganti NRI. Penandatanganannya berbeda, awalnya internal sekarang ditandatangani Gubernur Bank Indonesia. Nama-nama pahlawan dari Kemensos, pertimbangan ada unsur kedaerahan, perempuan atau laki-laki” ujar dia di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu kemarin (13/8/2016).

       Sementara untuk desain uang koin, lanjut dia. Juga akan dimunculkan sosok pahlawan nasional. Hal ini berbeda dengan desain uang koin yang belum pernah menampilkan sosok sosok pahlawan.
       “Koin juga akan berubah gambar pahlawan nasional, selama ini bukan pahlawan” lanjut dia.
       Keputusan mengenai gambar pahlawan yang akan digunakan tergantung keputusan Presiden.
       “Sudah pengajuan tinggal menunggu apakah nanti Presiden setuju atau jika telah menyetujui maka akan naik cetak”
       Sedangkan nominalnya masih sama, dari kisaran Rp 50 ribu, Rp 100 ribu dan seterusnya. BI menargetkan jika jika desain baru uang tersebut bisa terbit pada akhir tahun ini.
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon