Senin, 29 Agustus 2016

Gempa Tektonik Terjadi di Pulau Sumba Semalam

Tags



       Gempa tektonik berkekuatan 5 skala rikter (SR), terjadi di wilayah Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pukul 19.42 WIT. Namun, gempa ini diketahui tidak memicu tsunami.
       Hasil analisa yang didapat dari BMKG Kupang (28/8/2016) malam, menyatakan jika pusat  gempa terjadi di 9,43 LS dan 119,48 BT, tepatnya di laut Selat Sumba pada jarak 97 km arah barat laut kota Waingapu di kedalaman 93 km.
       Dari analisis peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan jika dampak gempa bumi cukup kuat dan dirasakan di wilayah Pulau sumba Barat seperti Waingapu, Palamedo, Karendi, Waikelo, Genggalo, Bondokodi, Lokolaka, Waikabubak, Matolang, Tanahkedungku, Lewapaku dan Maka menggit.
       Dari laporan Antara, sejumlah warga Sumba Barat sempat terkejut akibat gempa tersebut, bahkan sebagian warga menghambur keluar dari rumah mereka untuk menyelamatkan diri. Namun hingga kini belum ada laporan akan kerusakan akibat gempa.
       Guncangan tersebut juga terasa sampai hingga Bima, Pulau Komodo dan Flores Barat. Gempa yang terjadi di Pulau sumab merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng.
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon