Kamis, 25 Agustus 2016

Hal Inilah yang Terjadi Pada Otak Ketika AndaTidur

Tags



       Christoph Nissen yang merupakan seorang psikiatri dari Universitas Freiburg di Jerman mengkupkan kalau tidur bukanlah sekedar istirahat maupun membuang waktu.
       Ia melakukan sebuah riset yang kemudian dipublikasi di Nature Communication pada Selasa (23/8/2016), bahwa tidur akan memberi kesempatan pada otak  untuk menata dan mengendapkan memori serta mencegah kejenuhan sinyal.
       Hasil penelitian Nissen mengkonfirmasi sebuah hipotesis homeostatis sinapsis yang sebelumnya pernah dikemukaka oleh profesor kedokteran dan tidur dari University of Wisconsin-Madison, Giulio Tononi pada 2003 silam.
       “Studi menunjukkan pada kita bahwa tidur adalah aktifitas otak yang sangat aktif dan bukan buang-buang waktu. Tidur diperlukan guna menjalankan fungsi otak yang baik” kata Niessen
       Menurut hipotesis tersebut, ketika terbangun, jaringan saraf di otak manusia akan penuh dengan sejumlah informasi yang harus diperoses.
       Proses demikian akan mengakibatkan otak jenuh sinyal dan tidur akan membantu otak manusia untuk mengendapkan informasi sekaligus menata diri, sehingga siap digunakan lagi pada keesokan hari.
       Proses tidur dianggap sebagai me-rest otak. Apabila manusia kekurangn tidur, maka otak akan mengalami kejenuhan sinyal dan kurang siap dalam menerima serta mengirim informasi baru.
       Dari laman the Guardian, diketahui jika Nissen mendapatkan kesimpulannya menyangkut manfaat dari tidur bagi otak dengan meneliti 11 orang laki-laki dan 11 perempuan berusia antara 19-25 tahun setelah mereka tidur dengan cukup mamupun begadang.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon