Senin, 15 Agustus 2016

Jangan Buka Iklan Ini di Facebook Anda, Bisa-bisa Anda Terkena Spam

Tags



       Belakangan ini bertebaran pesan berisi ajakan untuk mengetahui siapa saja yang melihat akun Facebook Anda?.       Bunyi pesan yang biasanya didapati adalah “Cari tahu siapa yang mengintip Facebook kamu. Yang mengintip Facebook ku adalah...” dengan diikuit deretan nama teman-teman Facebook yang ketahuan ‘mengintip’ laman akun Facebook milik Anda.

       Ajakan demikian tentu saja membuat segelintir orang merasa penasaran, namun rupanya, iklan maupun pesan demikian mengarahkan Anda pada sebuah situs dengan nama “siapalihat.com”.
       Ketika Anda mengklik pesan tersebut, tanpa Anda ketahui sudah terjebak dalam sebuah postingan yang sebenarnya disebarkan oleh Spam Bot menggunakan akun lain yang sudah dijebak sebelumnya.

       Jika mengikuti instruksinya yang ada pada website tersebut, maka akan terpasang Spot Bot yang akan membajak akun Anda. Sehingga Anda tidak akan sadar telah memberikan komen iklan tadi ke laman Facebook teman lainnya. Akibat yang bisa terjadi, makin banyak pengguna Facebook terjebak.
       Diketahu teknik semacam ini dikenal dengan istilah rekayasa sosial. Alfons Tanujaya yang merupakan praktisi keamanan internet dari Vaksincom, mengatakan kalau akhir-akhir ini beredar pesan Spam Bot yang mengincar pengguna Facebook Indonesia.

       “Pengguna yang banyak diserang adalah pengguna Facebook. Mungkin karena penggunanya paling besar dan banyak applikasi pendukung, jadi banyak celah yang bisa dieksploitasi” kata Alfons.
       Bukan hanya itu kerugian tersebut yang dialami, tapi data Anda pun bisa diakses oleh website tersebut. Halini bertujuan agar semakin banyak orang terjebak dan mengunjungi laman tersebut, tingkat kunjungan yang tinggi akan mendatangkan uang lewat pemasangan iklan Google Ads.
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon