Rabu, 31 Agustus 2016

Kapal Tongkang Pengangkut Minyak Meledak

Tags



       Sebuah kapal tongkang yang mengangkut minyak Pertamina RU lll Plaju merk Easter 333 meledak pada Selasa siang. Kejadian itu berlangusng ketika kapal bersandar di Dermaga VI sungai Gerong, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Ledakan tersebut mengakibatkan seorang meninggal dunia.
       Korban meninggal bernama Zainuddin yang merupakan seorang teknisi kapal. Seorang lagi bernama Junaidi mengalami luka bakar berat di tubuhnya.
       Kapal Easter 333 sebelumnya telah melakukan loading di lokasi kejadian sejak tanggal 29 Agustus 2016 guna mengisi muatan Pertamax sebanyak 1.600 ton dan 3.200 ton Premium untuk diangkut ke Jambi.
       Namun pada pukul 12.10 WIB, sebuah ledakan yang terjadi di ruang mesin membuat sejumlah kru kapal melompat. Dua oil engineering yang berada di dalam kapal tidak bisa menyelamatkan diri.
       Nahkoda kapal Tunda Frengky, Agus Salim menyatakan ketika menarik tongkang tersebut saat kejadia tongkang itu baru saja loading. Sementara, tugboat atau kapal tunda berada tak jauh dari samping kapal.
       “Satu kali ledakan, langsung keluar asap di bagian mesin tongkang. Di tugboat kami ada 11 kru, di tongkang ada enam kru. Kami langsung evakuasi kru yang ada di tugboat” kata Agus di Banyuasin.
       Kasubdit Gakkum Direktorat Polair Polda Sumatera Selatan AKBP Zahru Bamawi menerangkan karena kejadian tersebut, tiga orang sedang diperiksa. Mereka adalah nakhoda tugboat Agus Salim, ABK Tongkang Ikbal dan Zainal Arifin yang merupakan kepala kamar mesin (KKM) tongkang Easter 333.
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon